Inisiatif Indonesia dalam Isu Rakhine Dipaparkan di Monako

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 02 Dec 2017 07:19 WIB
indonesia-monaco
Inisiatif Indonesia dalam Isu Rakhine Dipaparkan di Monako
Wamenlu A.M Fachir bertemu dengan Kepala Pemerintahan Monako Serge Telle (Foto: Dok.Kemenlu RI).

Monako: Kestabilan di kawasan sangat berpengaruh bagi kehidupan negara yang berada di dalamnya. Asia menjadi salah satu kawasan penting, khususnya mempengaruhi kerja sama ekonomi.
 
Indonesia selama ini berupaya keras untuk menjaga kestabilan di kawasan. Hal ini yang disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir saat bertemu dengan kepala pemerintahan Monako, Serge Telle.
 
"Monako menghargai dan mendukung penuh peran penting Indonesia dalam menciptakan kestabilan di kawasan dan memelihara perdamaian internasional," hal tersebut disampaikan Kepala Pemerintahan Monako, Serge Telle, saat menerima kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir di kediaman resminya, Jumat, 1 Desember 2017.
 
Dalam pertemuan tersebut, Wakil Menlu RI memaparkan berbagai upaya dan inisiatif Indonesia di kawasan seperti dalam isu Myanmar, Laut China Selatan, dan penurunan ketegangan di semenanjung Korea. Ditekankan pula bahwa inisiatif tersebut dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan mandat konsitusi.
 
Seperti dilansir dari keterangan tertulis Kemenlu RI yang diterima Medcom.id, Sabtu 2 Desember 2017, Keduanya juga sepakat akan pentingnya kerja sama global dalam memajukan isu kelautan dan lingkungan hidup. 
 
Wamenlu secara khusus menyampaikan penghargaan atas perhatian dan inisiatif Kepala Negara Monako, Pangeran Albert II, dalam memperkuat kerja sama lingkungan di Indonesia. Kepala Pemerintahan Monako juga menyambut baik undangan Indonesia untuk hadir dalam Our Ocean Conference yang akan digelar di Bali pada Oktober 2018.

(FJR)