Rusia Bekukan Sertifikasi Pesawat Boeing 737

Willy Haryono    •    Jumat, 06 Nov 2015 09:22 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Rusia Bekukan Sertifikasi Pesawat Boeing 737
Pesawat Boeing 737 digunakan sebagian besar maskapai di Rusia. (Foto: AFP / ALEXANDER KAMENSKY)

Metrotvnews.com, Moskow: Komite Penerbangan Rusia membekukan sertifikasi pesawat Boeing 737 yang digunakan sebagian besar maskapai Negeri Beruang Merah. 

Seperti dikutip Associated Press, Kamis (5/11/2015), sertifikasi dibekukan hingga Agensi Penerbangan Federal Amerika Serikat dan juga agensi serupa di Rusia, Rosaviatsiya, mengeluarkan pernyataan gabungan "yang mendukung pengoperasian 737 dengan aman."

Pengumuman muncul di tengah spekulasi penyebab jatuhnya pesawat maskapai Kogalymavia atau Metrojet di Mesir. Namun, belum ada indikasi bahwa pengumuman Komite Penerbangan Rusia berhubungan dengan tragedi tersebut. 

Pesawat yang jatuh di Mesir adalah tipe Airbus 321, mirip dengan 737 dalam hal jangkauan terbang dan kapasitas penumpang. 

Dmitry Peskov, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, mengaku mengikuti situasi terbaru ini, namun menolak berkomentar lebih jauh. 

Pesawat Metrojet dengan nomor penerbangan 7K9268 jatuh 23 menit usai lepas landas dari Sharm el-Sheikh menuju Saint Petersburg. Seluruh penumpang dan kru dengan total 224 orang meninggal dunia.


(WIL)