Spanyol Lantik Perdana Menteri Baru Hari Ini

Sonya Michaella    •    Sabtu, 02 Jun 2018 17:21 WIB
politik spanyol
Spanyol Lantik Perdana Menteri Baru Hari Ini
PM baru Spanyol, Pedro Sanchez. (Foto: AFP)

Madrid: Pemimpin Partai Sosialis Spanyol Pedro Sanchez akhirnya dilantik menjadi perdana menteri menggantikan Mariano Rajoy yang dilengserkan lewat mosi tidak percaya.

Sanchez, seorang ekonom berusia 46 tahun ini akan mengambil sumpah jabatan pada pukul 11 siang, waktu setempat di Istana Zarzuela.

Setelah Partai Sosialis kalahpada 2015 dan 2016, Sanchez dipaksa mundur dari partai, oleh para anggotanya sendiri.

Baca: PM Spanyol Dilengserkan Lewat Mosi Tidak Percaya

Namun, ia terpilih kembali sebagai ketua partai oleh anggota, pada tahun 2017. Dan kini, ia berhasil menjadi PM Spanyol yang baru menggantikan Rajoy.

Dilansir dari AFP, Sabtu 2 Juni 2018, Sanchez mengajukan mosi tidak percaya terhadap Rajoy pada 25 Mei kemarin, sehari setelah  keputusan hakim yang menjatuhkan hukuman penjara 33 tahun terhadap bendahara Partai Rakyat, Luis Barcenas, yang diduga melakukan korupsi. 

Partai oposisi lainnya, Ciudadanos dan Partai Nasionalis Basque juga berbaris melawan Rajoy dan Partai Rakyat.

Barcenas, yang juga sekutu politik Rajoy, terbukti bersalah terkait dengan dana kampanye rahasia yang diperoleh secara ilegal dari 1999 hingga 2005. Dana kampanye ilegal ini kemudian dipakai untuk membayar 'bonus' kepada petinggi Partai Rakyat dan juga untuk menjalankan operasional partai.

Skandal korupsi ini dikenal dengan nama Gurtel yang pertama kali mencuat pada tahun 2003. Salah satu surat kabar ternama di Spanyol pernah menerbitkan dokumen yang diduga menunjukkan bukti dana rahasia tersebut dan juga bukti pembayaran kepada anggota Partai Rakyat.

Nama Rajoy beberapa kali juga muncul dalam dokumen tersebut, namun ia mengelak telah menerima suap dan menolak mengikuti penyelidikan. 

Meski ia tak dituduh secara langsung, skandal korupsi Partai Rakyat tersebut mengikis dukungan warga Spanyol kepadanya.


(WIL)


Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

23 hours Ago

Trump menyebut Rusia tidak patuh terhadap semangat dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

BERITA LAINNYA