Polisi Prancis Bersihkan Kamp Demonstran Anti-Bandara

Arpan Rahman    •    Senin, 09 Apr 2018 18:38 WIB
politik prancis
Polisi Prancis Bersihkan Kamp Demonstran Anti-Bandara
Situasi menjelang pembongkaran kamp demonstran anti-bandara di Nantes, Prancis, 9 April 2018. (Foto: AFP/LOIC VENANCE)

Nantes: Lebih dari 2.000 perwira polisi Prancis ikut ambil bagian dalam pembongkaran pertahanan terakhir dari kamp anti-kapitalis di sebuah lokasi proyek bandara yang terbengkalai dekat kota barat Nantes.

Petugas gabungan menyerbu kamp yang berlokasi di Notre-Dame-des-Landes sebelum fajar. Mereka mengusir sekitar 100 pengunjuk rasa yang telah menduduki tempat itu untuk mencegah pembangunan bandara.

Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan para demonstran, yang melemparkan bom molotov ke arah pasukan keamanan. Massa juga berusaha menghalangi gerak aparat dengan membuat barikade dari ban dan kayu.

Seorang petugas terluka di bagian mata dalam operasi pengusiran. Satu orang dilaporkan ditangkap dalam operasi ini. 

Januari lalu, pemerintah Prancis membatalkan rencana membangun sebuah bandara baru yang bertujuan melayani jalur pantai Atlantik. Paris kemudian meminta para pengunjuk rasa untuk membersihkan kamp mereka di lokasi tersebut.

Tapi beberapa orang di situs tersebut menuntut hak agar bisa tetap tinggal. "Kami tidak akan pergi," ucap sejumlah demonstran, seperti dilansir Channel News Asia, Senin 9 April 2018.

Sejumlah orang pindah ke situs kontroversial itu sejak 2008. Mereka pun mulai membangun sebuah komunitas. Upaya pertama dalam mengusir mereka pada 2012 berakhir gagal.

Anggota komunitas di lokasi tersebut beralasan kamp mereka memiliki banyak flora dan fauna yang unik. Mereka menilai bandara seharga USD890 juta tidak diperlukan karena lalu lintas di bandara Nantes saat ini pun relatif sepi.



(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

13 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA