Pangeran Philip Serahkan SIM ke Polisi

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Feb 2019 07:04 WIB
kerajaan inggris
Pangeran Philip Serahkan SIM ke Polisi
Pangeran Philip. Foto: AFP

London: Pangeran Philip secara sukarela menyerahkan surat izin mengemudi miliknya ke kantor polisi. Ini merupakan kelanjutan dari kecelakaan yang melibatkan Pangeran Philip dengan mobil seorang warga.

Dalam kecelakaan bulan lalu, mobil Land Rover Freelander milik Pangeran Philip terguling usai menabrak mobil KIA di dekat Sandringham, Norfolk. Pangeran Philip, Duke of Edinburg, selamat dari kecelakaan dan meminta maaf kepada tiga orang di mobil KIA.

"Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati, Duke of Edinburg memutuskan secara sukarela untuk menyerahkan surat izin mengemudi," ujar pernyataan resmi dari Istana Buckingham, seperti dikutip dari media BBC, Minggu 10 Februari 2019.

Kepolisian Norfolk mengonfirmasi bahwa Pangeran Philip telah menyerahkan SIM kepada petugas, yang nantinya akan dikembalikan ke DVLA.

Koresponden BBC untuk urusan Kerajaan Inggris, Jonny Dymond, mengatakan bahwa keputusan menyerahkan SIM sepenuhnya berasal dari itikad baik Pangeran Philip.

"Duke dilaporkan mengakui bahwa kecelakaan bulan lalu adalah murni kesalahannya sendiri," tutur Dymond. Pangeran Philip selamat tanpa terluka, tapi wanita di mobil KIA -- Emma Fairweather -- mengalami patah pergelangan tangan.

Surat permintaan maaf telah dikirimkan Pangeran Philip kepada Fairweather. "Sinar matahari sangat menyilaukan pagi itu. Biasanya saya tidak pernah kesulitan melihat lalu lintas di hadapan saya. Tapi saat itu saya tidak melihat ada sebuah mobil di depan, dan saya sangat menyesal atas kejadian tersebut," tulis surat Duke.

Awalnya Fairweather sempat mengkritik Duke yang dianggap kurang komunikatif usai terjadinya kecelakaan. "Saya senang dia menulis bagian akhir surat dengan 'Philip' dan tidak menggunakan titel formal. Saya terkejut," sebut Fairweather.


(WIL)