Rusia Pastikan Putin Akan Tetap Bertemu Trump di G20

Fajar Nugraha    •    Kamis, 29 Nov 2018 16:59 WIB
ktt g20as-rusia
Rusia Pastikan Putin Akan Tetap Bertemu Trump di G20
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Trump saat pertemuan di Finlandia, 5 November 2018. (Foto: AFP).

Moskow: Pihak Istana Kepresidenan Rusia atau Kremlin menyatakan bahwa pertemuan antara Presiden Vladimir Putin dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan tetap berlangsung di sela-sela KTT G20 di Argentina.

Baca juga: Krisis Ukraina, Trump Mungkin Batal Bertemu Putin.

“Washington sudah memberikan konfirmasi atas pertemuan itu,” ujar Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dikutip AFP, Kamis, 29 November 2018.

Berdasarkan dokumen dari Istana Kremlin, pertemuan itu akan berlangsung pada 1 Desember 2018 pukul 11.30 siang waktu Argentina. Ada beberapa isu penting dibahas dalam pertemuan ini.

“Pembicaraan antara kedua pemimpin akan fokus pada memecah kebuntuan hubungan antara kedua negara. Selain juga isu stabilitas strategis lainnya seperti, Suriah, Iran dan Korea Utara,” imbuh Peskov.

Sebelumnya Trump mengancam akan membatalkan pertemuan dengan Putin. Kepada The Washington Post Trump mengatakan, penahanan tiga kapal Ukraina dan awaknya di Semenanjung Krimea pekan ini menjadi alasannya.

Baca juga: Putin Bela Penyitaan atas Kapal Ukraina.

Parlemen Ukraina sudah menyetujui penerapan status darurat di beberapa wilayah negara pecahan Uni Soviet itu. Status darurat diterapkan untuk melawan agresi yang terus meningkat dari Rusia.

Para pemimpin negara Barat mendorong kedua pihak untuk meredakan ketegangan atas konflik ini. AS sendiri menyalahkan Rusia atas tindakan tidak sesuai dengan hukum dari insiden tersebut.


(FJR)