PM Inggris Bertekad Melawan Segala Bentuk Terorisme

Willy Haryono    •    Senin, 19 Jun 2017 22:15 WIB
teror di inggris
PM Inggris Bertekad Melawan Segala Bentuk Terorisme
PM Inggris Theresa May. (Foto: AFP/Getty Images)

Metrotvnews.com, London: Perdana Menteri Inggris Theresa May kembali menekankan tekadnya dalam melawan terorisme dan ekstremisme. 

Pernyataan disampaikan PM May setelah seorang pria dengan sengaja menabrakkan mobilnya ke kerumunan Muslim di dekat sebuah masjid di London, Inggris, Senin 19 Juni 2017. 

Berbicara di luar kediamannya di Downing Street, PM May mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan "pengingat bahwa terorisme, ekstremisme dan kebencian dapat muncul dalam beragam bentuk."

"Tekad kita untuk melawannya harus sama, siapapun pelaku teror itu," ungkap PM May, seperti disitat AFP

PM May menegaskan serangan di dekat masjid Finsbury Park "sama mengerikannya seperti peristiwa-peristiwa sebelumnya." Ia merujuk pada serangan terinsipirasi kelompok militan Islamic State (ISIS) di London dan Manchester tahun ini, yang menewaskan 35 orang dan melukai sekitar 200 lainnya. 

"Serangan ditujukan kepada warga biasa yang tidak bersalah. Kali ini, korbannya adalah kelompok Muslim Inggris yang baru saja meninggalkan masjid," tutur PM May, sembari menambahkan dirinya sudah mengerahkan pengamanan ekstra ke beberapa masjid. 

"Ini adalah serangan terhadap Muslim di dekat tempat ibadah mereka. Dan seperti semua terorisme, dalam bentuk apapun, tujuannya sama: berusaha memecah-belah kita semua," sebut PM May. 

Seorang saksi mata bernama Khalid Amin mengatakan kepada saluran televisi BBC bahwa pelaku sengaja menabrakkan mobil van ke arah sekumpulan orang. Satu korban terjebak di bawah van, dan warga sekitar berusaha mengangkat kendaraan itu untuk membebaskannya.

Amin menambahkan saat sopir van itu ditahan warga, dia berteriak: "Semua muslim. Saya ingin membunuh semua muslim."

Satu orang dilaporkan tewas dalam penabrakan ini. 

 


(WIL)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

39 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA