Macron akan Kunjungi Jerman untuk Minta Dukungan Merkel

Willy Haryono    •    Sabtu, 13 May 2017 15:44 WIB
pemilu prancis
Macron akan Kunjungi Jerman untuk Minta Dukungan Merkel
Presiden baru Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Christian Hartmann/Reuters)

Metrotvnews.com, Paris: Emmanuel Macron akan resmi menjabat presiden pada Minggu besok dan langsung menghadapi banyak tantangan, termasuk reformasi Uni Eropa dan aturan ketenagakerjaan Prancis.

Setelah berjalan di karpet merah di Istana Elysee pada besok pagi, Macron akan terbang ke Berlin satu hari setelahnya untuk bertemu Kanselir Angela Merkel. 

Merupakan sebuah tradisi bagi presiden baru Prancis untuk mengunjungi Jerman sebagai lawatan kenegaraan pertama di benua Eropa. 

Macron ingin meningkatkan kekuatan hubungan Prancis-Jerman di jantung Eropa dan mendorong kemitraan yang lebih erat, termasuk menciptakan parlemen dan anggaran bagi zona Eropa. 

Merkel mengucapkan selamat atas kemenangan Macron dalam pemilu, dengan mengatakan bahwa sang presiden baru "membawa harapan jutaan warga Prancis dan juga Jerman serta seantero Eropa."

Namun jika Macron mendorong reformasi zona Eropa, dia harus mampu membuktikan kepada Jerman dan negara lainnya di kawasan bahwa dirinya mampu menghadirkan perubahan dalam sektor perekonomian dan masalah defisit anggaran Prancis. 

Sebagai presiden termuda dalam sejarah Prancis, Macron juga bertekad memangkas aturan ketenagakerjaan negara yang dinilai terlalu ketat. Ia juga akan memberikan lebih banyak keleluasaan bagi sektor usaha dalam menetapkan jam kerja dan kondisi lingkungan bekerja. 

Bahkan jika diperlukan, Macron berjanji akan mendorong perubahan tersebut melalui sebuah dekrit tak lama setelah dirinya dilantik menjadi presiden.


(WIL)