Merkel Hadapi Tes Krusial dalam Pemilu Legislatif Jerman

Willy Haryono    •    Minggu, 14 May 2017 14:36 WIB
politik jerman
Merkel Hadapi Tes Krusial dalam Pemilu Legislatif Jerman
Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) berkampanye bersama politikus CDU, Armin Laschet, di North Rhine-Westphalia. (Foto: REUTERS)

Metrotvnews.com, North Rhine-Westphalia: Masyarakat negara bagian terpadat di Jerman berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara dalam pemilihan umum yang dipandang sebagai ujian krusial bagi Kanselir Angela Merkel.

Sejumlah survei menunjukkan partai Merkel, Christian Democrats (CDU) dapat mendepak Social Democrats (SPD) di North Rhine-Westphalia. 

SPD telah berkuasa di North Rhine-Westphalia sejak berakhirnya Perang Dunia II. 

Kemenangan CDU akan menjadi keuntungan bagi Merkel yang ingin melanjutkan masa kepemimpinannya ke periode keempat dalam pemilu nasional September mendatang. 

Pemimpin SPD Martin Schulz telah memprediksi jika partainya menang di North Rhine-Westphalia (NRW), maka dirinya akan menjadi kanselir berikutnya. Saat ini SPD adalah mitra junior dalam koalisi pemerintah pusat. 

Namun jurnalis BBC di Berlin, Jenny Hill, melaporkan bahwa popularitas SPD merosot dalam beberapa jajak pendapat, sehingga impian Schulz bisa jadi sulit digapai.


Martin Schulz (tengah) berharap dapat menggantikan Merkel. (Foto: Getty Images)

CDU menargetkan calon pemilih yang frustrasi dalam berbagai isu, seperti kemacetan lalu lintas, meningkatnya angka kejahatan dan sektor pendidikan.

"Terjebak kemacetan seperti mengambil waktu secara sia-sia dari kehidupan orang-orang," ujar Merkel semasa kampanye. 

"Saat Anda menambahkan waktu-waktu yang terbuang itu dalam setahun, maka jumlahnya besar sekali," lanjut dia. 

Janji lain yang disodorkan CDU adalah memperketat pengamanan di penjara beserta perpanjangan masa tahanan bagi narapidana serta tambahan kesejahteraan bagi polisi.


(WIL)