PBB Butuh Tambahan Rp12 Triliun untuk Tangani Krisis Somalia

Willy Haryono    •    Kamis, 11 May 2017 17:36 WIB
somaliakelaparan
PBB Butuh Tambahan Rp12 Triliun untuk Tangani Krisis Somalia
Lebih dari 300 ribu anak-anak di Somalia mengalami malnutrisi. (Foto: Getty)

Metrotvnews.com, London: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencari tambahan dana sebesar USD900 juta atau setara Rp12 triliun tahun ini untuk mengatasi krisis di Somalia. 

Saat ini, lebih dari enam juta warga Somalia membutuhkan bantuan kemanusiaan dan 275 ribu anak-anak di sana mengalami malnutrisi akut dan terancam kelaparan. 

"Pagi ini kami mempresentasikan rencana respons kemanusiaan yang telah direvisi, dan kami membutuhkan tambahan USD900 juta pada akhir tahun ini," ucap Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam konferensi internasional mengenai krisis Somalia di London, Inggris, Kamis 11 Mei 2017. 

Maret lalu, Kepala kemanusiaan PBB (ERC) Stephen O'Brien berkata dunia saat ini sedang menghadapi krisis kemanusiaan terbesar sejak 1945. Lebih dari 20 juta orang terancam mati kelaparan dan paceklik di Yaman, Somalia, Sudan Selatan, dan Nigeria.

Unicef telah memperingatkan 1,4 juta anak bisa mati kelaparan tahun ini. 

Kelaparan di Somalia sekitar enam tahun lalu telah menewaskan hampir 260.000 orang. Pada awal Maret, muncul laporan bahwa 110 orang meninggal di satu daerah dalam waktu 48 jam.


(WIL)