Belanda Kirim Menlu untuk Bahas Deradikalisme di Indonesia

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 28 Jun 2018 16:12 WIB
indonesia-belanda
Belanda Kirim Menlu untuk Bahas Deradikalisme di Indonesia
Menlu Belanda Stef Blok akan kunjungi Indonesia membahas narkoba dan deradikalisasi (Foto: AFP).

Jakarta: Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok akan melakukan kunjungan kerja ke Jakarta. Dia akan bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI.
 
Pemerintah Indonesia berupaya mengembangkan kerja sama dengan Pemerintah Belanda. Salah satunya dalam penanggulangan narkoba dan deradikalisasi.
 
Karenanya hal tersebut akan dibahas dalam pertemuan keduanya. Direktur Eropa I Kemenlu Dino Kusnadi mengatakan Indonesia berharap kerja sama tak hanya terbatas pada berbagi informasi dan pengetahuan.
 
"Sudah banyak data dan fakta tentang ancaman narkoba, apalagi Indonesia saat ini bukan hanya negara transit, namun sudah menjadi user," kata Dino di Jakarta, Kamis 28 Juni 2018.
 
Tak hanya membahas hal tersebut, keduanya juga akan membahas mengenai deradikalisme, cyber security dan cyber space, serta isu politik luar negeri, keamanan regional dan internasional.
 
"Terkait diplomasi ekonomi, meski pun Belanda negara terbesar kedua di Eropa yang memiliki nilai perdagangan besar dengan Indonesia, namun upaya masih terus dilakukan untuk mencari peluang kontak bisnis," imbuhnya.
 
Menlu Belanda akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 2 hingga 4 Juli 2018. Sementara itu, pertemuan dengan Menlu Retno akan diadakan pada 3 Juli di Gedung Pancasila Kemenlu.


(FJR)