Wacana Pemeriksaan Gigi bagi Imigran di Inggris Dikecam

Arpan Rahman    •    Rabu, 19 Oct 2016 18:00 WIB
imigran gelap
Wacana Pemeriksaan Gigi bagi Imigran di Inggris Dikecam
Tulisan UK terpampang di beberapa tenda di kamp Jungle di Calais, Prancis, 24 Juni 2016. (Foto: AFP/PHILIPPE HUGUEN)

Metrotvnews.com, London: Seorang anggota parlemen dari Partai Tory menyerukan supaya imigran anak-anak yang tiba di Inggris dari Calais, Prancis, menjalani pemeriksaan gigi untuk memverifikasi usia mereka. Seruan itu dikecam kalangan dokter gigi Inggris.

Sejumlah anak-anak telantar dari kamp pengungsi Jungle, Prancis, tiba untuk berkumpul dengan sanak kerabatnya di Inggris. Tapi muncul rumor bahwa mereka bisa saja sudah memasuki usia dewasa namun berstatus di bawah umur.

David Davies, anggota parlemen untuk Monmouth, mengatakan pemeriksaan gigi wajib dilakukan demi meyakinkan bahwa Inggris tidak dieksploitasi. Namun, seperti dilansir BBC, Rabu (19/10/2016), Asosiasi Praktisi Gigi Britania (BDA) mengatakan, pemeriksaan tersebut tidak etis, 

BDA, mewakili dokter gigi dan mahasiswa di Inggris, juga membantah klaim bahwa radiografi gigi dapat secara akurat menentukan apakah seseorang di bawah usia 18 atau tidak.

Gelombang pertama imigran anak-anak yang disalurkan ke Inggris tiba pekan ini. Mereka datang setelah pihak berwenang Prancis meratifikasi daftar yang disusun oleh badan amal warga Inggris bekerja sama dengan pemerintah untuk membawa anak-anak telantar dari Calais.

Namun, foto-foto beberapa anak telah menghiasi halaman depan beberapa harian nasional, dengan judul kepala berita yang mempertanyakan usia mereka.

Ketua Komite Majelis Rendah Wilayah Wales (CWA), Davies, menuliskan di Twitter bahwa anak-anak itu tidak terlihat seperti di bawah umur. "Saya berharap keramahan Inggris tidak disalahgunakan," tulis Davies

Ia berkata kepada Radio BBC Wales bahwa salah satu imigran yang tiba di Inggris memiliki "garis di sekitar matanya dan terlihat lebih tua dari saya."

Davies berencana mengajukan pertanyaan di parlemen tentang berapa banyak imigran anak-anak yang telah menjalani pemeriksaan gigi dan apakah mereka yang ingin datang ke Inggris di masa depan akan dikenakan pemeriksaan gigi.

Tidak Etis


Warga Inggris mendukung rencana kedatangan imigran dari Prancis. (Foto: AFP)

Seorang juru bicara BDA "menentang keras" penggunaan sinar-X pada gigi untuk menentukan usia para pencari suaka.

"Itu bukan hanya merupakan metode tidak akurat buat menilai umur, tapi tidak pantas dan tidak etis melakukan tes radiografi ke orang-orang ketika tidak ada manfaat kesehatan bagi mereka," tambahnya.

Dikatakan, tes sinar-X yang diambil demi alasan klinis dibenarkan tanpa harus digunakan untuk tujuan lain tanpa persetujuan pasien, tanpa paksaan, dan dalam kesadaran penuh tentang bagaimana radiografi yang akan digunakan dan oleh siapa."

Organisasi Dokter Dunia Inggris (DOTW_UK) menyebut ide itu "tidak etis dan tidak perlu" sembari mengatakan "petugas kesehatan bukan penjaga perbatasan."



(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA