Rumania Selamatkan 60 Pencari Suaka di Laut Hitam

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 28 Nov 2017 18:34 WIB
imigran gelappencari suaka
Rumania Selamatkan 60 Pencari Suaka di Laut Hitam
Imigran yang nekat melintasi laut demi menyeberang ke Eropa (Foto: AFP).

Constanta: Sebanyak 60 imigran, termasuk anak-anak berhasil diselamatkan dari sebuah kapal di Laut Hitam. Imigran ini dicegat oleh polisi perbatasan Rumania saat hendak melintas negara tersebut.
 
Polisi perbatasan Rumania menuturkan kapal berlayar dari Turki terlihat 35 kilometer dari pantai Rumania. Mereka ditarik oleh penjaga pantai ke pelabuhan Constanta.
 
"Di antara para imigran ada anak-anak, namun kami masih menghitungnya," ujar juru bicara patroli penjaga pantai Ionela Pasat, seperti dilansir dari laman AFP, Selasa, 28 November 2017.
 
Laut Hitam memang merupakan rute alternatif bagi para imigran untuk ke Eropa barat selama musim panas. Wilayah ini sudah dilewati lebih dari 570 warga Irak, Suriah, Afghanistan, Iran dan Pakistan dalam kurun waktu kurang dari sebulan.
 
Para ahli memperingatkan perairan ini jauh lebih berbahaya daripada Laut Mediterania karena memiliki badai petir yang dahsyat.
 
Pada September lalu, 21 orang tewas tenggelam dan 15 lainnya hilang setelah sebuah kapal nelayan yang membawa migran tenggelam di lepas pantai Laut Hitam. Sementara 40 orang berhasil diselamatkan.
 
Anggota Uni Eropa mengatakan Rumania bukan bagian dari zona bebas paspor Schengen. Karenanya wilayah itu sampai sekarang telah menghindari jenis arus pengungsi dan migran yang membanjiri Eropa selama beberapa waktu terakhir.



(FJR)