Partai Kanselir Merkel Menang di Negara Bagian Terpadat

Willy Haryono    •    Senin, 15 May 2017 10:31 WIB
politik jerman
Partai Kanselir Merkel Menang di Negara Bagian Terpadat
Kanselir Jerman Angela Merkel di Brussels, Belgia. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, North Rhine-Westphalia: Kanselir Angela Merkel mengirimkan pukulan telak kepada rival utamanya pada Minggu 14 Mei 2017, empat bulan sebelum pemilihan umum, lewat kemenangan di negara bagian terpadat di Jerman. 

Partai Christian Democratic Union (CDU) diproyeksikan memenangkan 34,3 persen suara di North Rhine-Westphalia, negara bagian yang dikuasai Partai Social Democratic (SPD) selama berdekade-dekade. 

SPD diproyeksikan hanya meraih 30,6 persen, menurun tajam dari 39,1 persen pada 2012. Ini merupakan kekalahan serius menjelang pemilu nasional Jerman pada September mendatang. 

Wakil Kepala SPD Ralf Stegner menyebut kekalahan sebagai "hari yang sangat gelap," namun menegaskan semua ini belum berakhir. 

"SPD menerima pukulan telak, tapi masih bisa berdiri," kata dia, seperti dikutip AFP

Dengan 13,1 juta pemilih terdaftar, North Rhine-Westphalia menjadi negara bagian terpenting dalam pemilu Jerman. Pemilu regional ini menjadi krusial karena merupakan ajang terakhir sebelum pemilu nasional.

"Kami akan menuju pemilu nasional dengan penuh percaya diri," kata salah satu petinggi CDU, Michael Grosse-Broemer. 

Kekalahan di North Rhine-Westphalia meredupkan harapan Martin Schulz untuk menggantikan Merkel sebagai kanselir. Kemenangan akan memuluskan tekad Merkel melanjutkan kepemimpinan ke periode keempat.


(WIL)