Negara-Negara Dunia Bertekad Jaga Situs Warisan Budaya dari ISIS

Arpan Rahman    •    Senin, 20 Mar 2017 22:32 WIB
isis
Negara-Negara Dunia Bertekad Jaga Situs Warisan Budaya dari ISIS
Kuil Baal di kota kuno Palmyra, Suriah. (Foto: AFP / JOSEPH EID)

Metrotvnews.com, Paris: Negara-negara donor menggalang dana hingga lebih dari USD75 juta untuk melindungi situs warisan budaya dunia yang terancam hancur akibat perang dan sepak terjang kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Presiden Prancis Francois Hollande, berbicara dalam konferensi donor di Museum Louvre di Paris, mengatakan target pengumpulan dana perlindungan situs warisan budaya adalah USD100 juta. Ia meminta negara-negara lain untuk berkontribusi.

Seperti dilansir Associated Press, Senin 20 Maret 2017, Prancis berkomitmen menyumbang USD30 juta, Arab Saudi USD20 juta, Uni Emirat Arab USD15 juta, Kuwait USD5 juta, Maroko USD1,5 juta dan filantropis Thomas Kaplan USD1 juta.

Konferensi donor bertujuan mengumpulkan dana internasional untuk mencegah atau menghentikan perusakan situs bersejarah. Penyelenggara juga ingin membuat jaringan situs di seluruh dunia supaya bisa menyimpan artefak-artefak langka dan mendanai upaya perbaikan situs-situs yang rusak akibat perang.

Militan ISIS telah mencuri dan menghancurkan artefak budaya, termasuk di kota kuno Suriah, Palmyra, museum Mosul, dan sisa ibu kota Kerajaan Asyur dari abad ke-13 SM di Nimrud.


(WIL)