Bom Pipa Ditemukan Dekat Tugu Peringatan Perang di Irlandia

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 13 Nov 2017 13:32 WIB
bom
Bom Pipa Ditemukan Dekat Tugu Peringatan Perang di Irlandia
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Omagh: Sebuah pom pipa aktif ditemukan di dekat tugu peringatan perang kota Omagh, Irlandia Utara, jelang parade Hari Peringatan.

Perangkat bom pipa terssebut telah diangkut untuk dilakukan pemeriksaan forensik, sebagaimana diselidiki investigator jika ditanam oleh pemberontak.

"Perangkat kecil namun berpotensi berbahaya ini dibiarkan menyebabkan gangguan jumlah maksimum terhadap perayaan Hari Peringatan di sini," ujar Kepala Kepolisian Northern Ireland, George Hamilton, seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Senin, 13 November 2017.

"Sementara itu, penyelidikan kami atas kejadian tersebut masih di tahap awal, dari hasil penyelidikan sementara, kuat dugaan bahwa pembangkan republik yang kejam bertanggung jawab," imbuhnya.

Hamilton menuturkan ada sekelompok kecil orang tidak berperasaan mencoba untuk mengintimidasi masyarakat dengan ketakutan yang mereka buat. Salah satunya menggunakan bom pipa ini.

Penemuan perangkat tersebut menyebakan pengalihan peringatan tahunan yang harusnya dilakukan hari Minggu, 12 November 2017. Menyebabkan peletakan karangan bunga tradisional ditunda.

Hamilton menambahkan, penemuan tersebut menunjukkan ketidakpedulian dan tidak hormat kelompok tersebut pada komunitas di wilayah itu.

"Ini adalah tindakan memuakkan dan mengerikan pada suatu hari yang seharusnya membuat orang bersama-sama mengingat pengorbanan yang dilakukan pendahulu bagi komunitas kita," tambahnya.

Irlandia Utara terbelah oleh tiga dekade konflik sebelum penandatanganan perjanjian damai dengan wilayah tenggara pada 1998.



(FJR)