Uang Rp48 Juta bagi Imigran yang Bersedia Tinggalkan Jerman

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 04 Dec 2017 17:52 WIB
imigran gelap
Uang Rp48 Juta bagi Imigran yang Bersedia Tinggalkan Jerman
Ratusan imigran asal Timur Tengah tiba di Dortmund, Jerman, Minggu (6/9/2015). (Foto: AFP / PATRIK STOLLARZ)

Berlin: Uang sebesar USD3.570 atau setara Rp48 juta akan diberikan cuma-cuma kepada para pencari suaka yang gagal mendapatkan izin masuk ke Jerman. Jika mereka bersedia kembali pulang ke negara masing-masing, uang tersebut akan diberikan oleh Jerman.

Dikutip laman Fox News, Senin 4 Desember 2017, terdapat sekitar 115 ribu orang yang suakanya ditolak di Jerman. Mereka semua tidak dapat dideportasi atas alasan kemanusiaan. 

Untuk menyiasati hal ini, Jerman pun menawarkan sejumlah uang dengan harapan mereka dapat memulai hidup yang lebih layak di negara masing-masing.

Saat ini, 8.639 imigran di Jerman telah mengikuti program pemberian dana cuma-cuma tersebut. Semua yang masuk dalam kualifikasi dapat mendaftarkan diri dalam program ini hingga 28 Februari tahun depan.

Jika diterima, para pencari suaka akan mendapatkan uang, namun bukan berbentuk tunai saat masih di Jerman.

"Siapapun yang memenuhi syarat dapat mengajukan permohonan pada tenggat waktu 29 Februari tahun depan. Mereka akan mendapatkan uang tersebut begitu mereka kembali ke rumah," demikian dikutip dari pernyataan Kementerian Dalam Negeri Jerman.

Program ini juga berlaku bagi imigran yang setuju untuk pulang meski permohonan suakanya belum diproses. Nilai uang yang ditawarkan berbeda, yakni EUR1,200 (Rp19 juta) bagi orang dewasa dan EUR600 (Rp9,6 juta) untuk anak-anak.


(WIL)