Trump dan Putin Akan Bertemu Muka Pertama Kalinya di KTT G20

Arpan Rahman    •    Jumat, 07 Jul 2017 16:41 WIB
ktt g20
Trump dan Putin Akan Bertemu Muka Pertama Kalinya di KTT G20
Presiden AS Donald Trump dalam tiba dalam hari pertama KTT G20 di Hamburg, Jerman (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Hamburg: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, untuk pertama kalinya pada pertemuan puncak G20 di Hamburg, Jerman.
 
Mereka berdua mengatakan ingin memperbaiki hubungan yang memburuk akibat krisis di Suriah dan Ukraina, serta dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu presiden AS.
 
Perubahan iklim dan perdagangan internasional dipastikan menjadi topik yang akan mendominasi KTT, yang sudah ditandai demonstrasi massal.
 
 
Bentrokan pada demonstrasi bertajuk 'Selamat Datang di Neraka' telah membuat 76 polisi cedera.
 
"Memilih gelaran pertemuan puncak di Hamburg, kota pembangkit listrik berteknologi tinggi di utara Jerman, Kanselir Angela Merkel berusaha menunjukkan bahwa demonstrasi massa dapat ditolerir dalam demokrasi terbuka," kata para wartawan, seperti dilansir BBC, Jumat 7 Juli 2017.
 
G20, atau Kelompok Dua Puluh, merupakan pertemuan puncak bagi 19 negara, baik yang sudah maju maupun negara berkembang, ditambah dengan Uni Eropa.
 
Masing-masing negara adalah Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.
 
Kedua pemimpin dijadwalkan bertemu di siang hari selama satu jam, media Rusia mengatakan, sedangkan laporan lain mengatakan hal itu mungkin berlangsung sekitar 30 menit.
 
Tidak jelas apakah mereka akan berbicara dengan wartawan sesudahnya atau sejauh mana media akan diterima dalam pertemuan tersebut. Setelah hubungan telepon di antara kedua pemimpin pada Januari dan Mei, Gedung Putih dan Kremlin kemudian merilis ringkasan percakapan kepada pers.



(FJR)