Kanselir Jerman Peringatkan Trump Melawan Kehancuran PBB

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 01 Oct 2018 12:41 WIB
pbbjermanpenghapusan pbb
Kanselir Jerman Peringatkan Trump Melawan Kehancuran PBB
Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).

Frankfurt: Kanselir Jerman Angela Merkel memperingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) untuk melawan kehancuran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Menurut dia, multilateralisme adalah solusi untuk banyak masalah di dunia.

"Saya percaya menghancurkan sesuatu tanpa mengembangkan yang baru sangat berbahaya," ucapnya di kampanye pemilihan regional di Bavaria, dilansir dari laman Channel News Asia, Senin, 1 Oktober 2018.

Menurut Merkel, Trump gagal melihat kemungkinan untuk win win solution. Menurut dia, Trump hanya berpikir bahwa harus ada satu pemenang dari negosiasi internasional.

Dalam pertemuan keduanya sebelum Sidang Majelis Umum PBB tahun lalu, Trump mengatakan bahwa dia dan pemerintahannya menolak ideologi globalisme. "Kami merangkul doktrin patriotisme," ungkapnya.

Pemerintahan global, kata Trump kala itu adalah bentuk paksaan dan dominasi negara-negara yang bertanggung jawab untuk bertahan. Namun pandangan ini ditentang Merkel dan pemimpin dunia lainnya.

Trump mencabut berbagai bantuan internasional yang diberikan AS lewat badan-badan PBB, salah satunya bantuan dana kemanusiaan untuk Palestina lewat Lembaga Pengungsi PBB (UNRWA). Bahkan, AS keluar dari Dewan HAM PBB.


(AHL)