Delapan Petugas Pemadam Tewas dalam Kebakaran di Moskow

Willy Haryono    •    Jumat, 23 Sep 2016 15:54 WIB
kebakaran
Delapan Petugas Pemadam Tewas dalam Kebakaran di Moskow
Petugas pemadam berada di lokasi kebakaran di sebuah gudang di Moskow, 27 Agustus 2016 (Foto: AFP/VASILY MAXIMOV)

Metrotvnews.com, Moskow: Delapan petugas pemadam tewas saat sedang berjuang memadamkan kebakaran di sebuah gudang di timur Moskow, Rusia, Jumat (23/9/2016). 

Jasad kedelapan korban ditemukan setelah hubungan komunikasi otoritas lokal dengan mereka terputus pada Kamis malam. Ketika itu, mereka mencoba menjinakkan amukan Si Jago Merah di sebuah gudang plastik di ibu kota Rusia. 

"Kedelapan jasad ditemukan di area utama pencarian," ujar pernyataan Kementerian Urusan Darurat Rusia, seperti dikutip AFP

"Kami terus berharap mereka semua masih hidup. Tapi karena dahsyatnya api, temperatur tinggi dan ketebalan asap, mereka semua tidak dapat keluar," sambungnya. 

Para petugas itu adalah yang pertama tiba di lokasi kejadian. Mereka berhasil mengevakuasi sekitar 100 pekerja dari gudang yang terletak di pinggiran timur Moskow. Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui. 

"Petugas pemadam tewas saat bertugas. Mereka pahlawan," kata Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin di akun Twitter. "Saya turut berbelasungkawa kepada keluarga korban. Kota ini akan memberikan bantuan kepada keluarga korban."


Lokasi kebakaran di sebuah gudang plastik di Moskow, September 2016. (Foto: AFP)

Seorang koresponden AFP mengaku mencium aroma terbakar yang menyengat di sepanjang timur Moskow dekat lokasi kejadian. 

Kebakaran ini merupakan satu dari rentetan peristiwa serupa di Moskow, di mana faktor keamanan operasional pabrik terkadang tidak terlalu diperhatikan. 

Bulan lalu, 16 pekerja migran -- sebagian besar dari Kirgistan -- tewas dalam kebakaran di sebuah gudang di Moskow. Penyelidikan kriminal dilakukan untuk menentukan apakah ledakan itu disengaja atau merupakan keteledoran pemilik. 


(WIL)