Pemerintah Prancis Dorong Swasta Tunjukkan Keunggulan Kelapa Sawit

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 25 Jan 2018 20:11 WIB
kelapa sawitindonesia-prancis
Pemerintah Prancis Dorong Swasta Tunjukkan Keunggulan Kelapa Sawit
Duta Besar Lingkungan Hidup Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis Xavier Sticker (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Prancis mengirimkan Duta Besar Lingkungan Hidup Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis Xavier Sticker untuk membahas mengenai kelapa sawit. 
 
 
Sebagai ketua Amsterdam Declaration on Sustainable Palm Oil, Prancis ingin mendorong pihak swasta menunjukkan keunggulan kelapa sawit yang tidak merusak lingkungan. Amsterdam Declaration merupakan lembaga yang bertujuan mendukung implementasi komitmen swasta atas deforestasi dan pelestarian kelapa sawit.
 
Dia mengatakan, pihak swasta harus bisa meyakinkan pembeli atas produk kelapa sawit yang mereka produksi.
 
"Kita adalah negara dagang. Ada penawaran dan permintaan antara entitas dari sektor swasta dengan konsumen. Orang perlu diyakinkan bahwa positif membeli kelapa sawit dari sektor swasta," ujarnya saat ditemui di Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, Kamis 25 Januari 2018.
 
Menurutnya, kelapa sawit merupakan komoditi yang bisa digunakan untuk berbagai bidang, mulai dari olahan makanan hingga kosmetik dan biofuel.
 
Baginya, membuat orang yakin, pihak swasta harus menunjukkan nilai produk dan kemajuan yang tengah dilakukan di area yang memerlukan perhatian itu sendiri. 
 
"Indonesia adalah sumber pasokan (kelapa sawit) pertama kami. Sebagian besar kelapa sawit yang saat ini kami impor berasal dari Indonesia," ungkapnya.
 
Xavier menyebutkan peningkatan impor kepala sawit meningkat hingga 38 persen dari 2016 hingga 2017. Menurutnya, produk Indonesia masuk bebas ke Eropa, dan separuh lainnya diekspor Uni Eropa dengan pajak sebesar nol sampai 10 persen.
 
Baginya, jumlah tersebut lebih kecil jumlah pajaknya dibanding negara-negara tujuan ekspor lain yang mencapai sekitar 40 persen.
 
"Jadi Uni Eropa menerapkan tingkat terendah untuk ekspor ke Indonesia. Harus dimanfaatkan," imbuh dia.



(FJR)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

23 minutes Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA