Kru Televisi Rusia Picu Kekhawatiran Menhan Inggris

Willy Haryono    •    Minggu, 02 Dec 2018 11:30 WIB
inggrisrusia
Kru Televisi Rusia Picu Kekhawatiran Menhan Inggris
Menhan Inggris Gavin Williamson. (Foto: AFP)

London: Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson menyerukan masyarakat untuk melaporkan segala bentuk aktivitas mencurigakan di semua situs militer. Seruan dikeluarkan usai seorang kru televisi asal Rusia terlihat beraktivitas dekat sebuah pangkalan militer.

Timur Siraziev, seorang kru saluran televisi Rusia Channel One, terlihat berada di luar instalasi militer 77 Brigade di Berkshire. Unit militer di pangkalan tersebut berfokus pada operasi di media sosial dan ranah psikologi.

Seperti dilaporkan kantor berita Daily Mail, Minggu 2 Desember 2018, seorang sumber militer Inggris mengatakan bahwa "perilaku mencurigakan Timur Siraziev telah diawasi sistem keamanan pangkalan."

Dari pengawasan, terlihat Siraziev beraktivitas di sekitar pangkalan dengan seorang juru kamera. Mereka berdua berulang kali melewati pangkalan yang ada di Hermitage, Berkshire, itu pada 21 November.

"Kami sangat serius terkait masalah keamanan pangkalan militer dan para personelnya," tegas Menhan Williamson, seperti dikutip dari media BBC.

"Jika warga melihat ada orang mencurigakan di dalam dan sekitar pangkalan militer, segera melapor ke polisi," lanjut dia.

Hubungan Inggris dan Rusia membeku setelah insiden pemaparan racun Novichok terhadap mantan agen Moskow beserta putrinya di Salisbury pada Maret lalu. Inggris menduga Rusia berada di balik serangan tersebut, namun Moskow membantahnya.

Bulan lalu, Kepala Militer Inggris Jenderal Mark Carleton-Smith menilai Rusia "jauh lebih berbahaya" terhadap keamanan nasional ketimbang kelompok militan Islamic State (ISIS).


(WIL)