Merkel Akui Partai AfD sebagai Batu Sandungan di Pemilu

Sonya Michaella    •    Senin, 25 Sep 2017 10:21 WIB
politik jerman
Merkel Akui Partai AfD sebagai Batu Sandungan di Pemilu
Kanselir Jerman, Angela Merkel, sesaat setelah memberikan pidato kemenangannya. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Berlin: Menang pemilihan umum sebesar 33 persen suara, Angela Merkel kembali menduduki kursi Kanselir Jerman untuk keempat kalinya. Di bawah blok konservatif Christian Union (CDU/CSU), Merkel mengaku 'pertarungan' ini tidak mudah.

"Sudah jelas, partai kami menghadapi tantangan yang berat dan tidak mudah untuk saya kembali memimpin untuk keempat kalinya," kata Merkel dalam pidato kemenangannya, dikutip dari Guardian, Senin 25 September 2017.

Merkel mengatakan, salah satu batu sandungannya adalah masuknya Partai Alternatif untuk Jerman (AfD) dalam Bundestag.

"Kami di sini berusaha untuk menyelesaikan masalah yang ada serta mendengarkan kekhawatiran rakyat," lanjut dia.

Merkel menambahkan, ketakutan rakyat Jerman sebisa mungkin akan ia atasi. "Kami berusaha untuk membuat Jerman lebih baik lagi," tegas Merkel.

Perolehan suara ini merupakan yang terendah bagi Merkel dan partainya setelah 12 tahun menjabat. Hasil ini bahkan kinerja paling buruk partainya sejak 1949.

Rival terdekat CDU/CSU, Demokrat Sosial, dan kandidat kanselir mereka, Martin Schulz, menyusul dengan angka cukup tipis, yaitu 21 persen.

Namun, situasi politik Jerman kian gempar ketika yang terkenal anti-Muslim dan anti-imigran meraih sekitar 13 persen suara. 

Sementara itu, juru bicara AfD, Alexander Gauland, mengatakan bahwa partainya akan menjadi oposisi kuat bagi pemerintahan baru. 

 


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

20 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA