Arab Saudi Sumbang Rp133 Miliar untuk Somalia

Willy Haryono    •    Sabtu, 13 May 2017 16:12 WIB
konflik somalia
Arab Saudi Sumbang Rp133 Miliar untuk Somalia
Dubes Arab Saudi untuk Inggris, Pangeran Mohammed bin Nawaf. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, London: Arab Saudi mendonasikan USD10 juta atau setara Rp133 miliar untuk membantu menangani krisis kemanusiaan akibat konflik bersenjata dan kekeringan di Somalia. 

Sumbangan diumumkan perwakilan Arab Saudi dalam konferensi mengenai krisis Somalia di London, Inggris. 

"Somalia mengambil sejumlah langkah menuju stabilitas politik. Kami berharap langkah-langkah itu berhasil dalam pencapai pengembangan dan kemajuan seperti yang Somalia harapkan," ungkap Pangeran Mohammed bin Nawaf, Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris yang memimpin delegasi di London. 

"Kerajaan (Arab Saudi) menyambut baik perkembangan positif di Somalia, termasuk keseriusan mengimplementasikan road map yang berujung pada terpilihnya Mohamed Abdullahi Mohamed sebagai presiden," sambung dia, seperti dilansir Asharq al-Awsat, Sabtu 13 Mei 2017. 

Pangeran Mohammed menekankan dukungan Arab Saudi terhadap Somalia. Meski Somalia memiliki sumber daya alam dan kekayaan lainnya, namun tantangan keamanan, ekonomi dan kemanusiaan, menghalangi penggunaannya. 

"Tantangan ini beragam mulai dari kelaparan hingga terorisme dan penderitaan pengungsi Somalia. Tantangan lainnya adalah memerangi perompak laut, menyelesaikan infrastruktur dan restrukturisasi institusi pemerintah," kata Pangeran Mohamed. 

Ia menambahkan bahwa kesatuan serta kesejahteraan Somalia adalah satu-satunya solusi untuk mengatasi beragam tantangan tersebut. 


(WIL)