Pilot Mogok Kerja, Maskapai Jerman Batalkan 900 Penerbangan

Willy Haryono    •    Rabu, 23 Nov 2016 12:42 WIB
penerbangan dunia
Pilot Mogok Kerja, Maskapai Jerman Batalkan 900 Penerbangan
Pesawat maskapai Lufthansa berada di bandara Duesseldorf, Jerman, 22 November 2016. (Foto: AFP/DPA/MARCEL KUSCH)

Metrotvnews.com, Berlin: Maskapai Lufthansa asal Jerman akan membatalkan hampir 900 jadwal penerbangan pada Rabu 23 November karena adanya aksi unjuk rasa sejumlah pilot. 

Unjuk rasa, yang dicetus serikat pilot Cockpit, akan dimulai pada Rabu dini hari dan berimbas pada penerbangan Lufthansa di seantero Jerman. 

Dari sekitar 3.000 penerbangan, 876 akan dibatalkan. "Unjuk rasa berimbas pada sekitar 100 ribu penumpang," ujar Lufthansa dalam pernyataan resminya, seperti dikutip AFP

Ini merupakan demonstrasi serikat pilot Lufthansa untuk kali ke-14 sejak April 2014. 

Cockpit awalnya menyerukan mogok kerja selama 24 jam. Namun pada Selasa malam, mereka memutuskan protes akan berlangsung hingga Kamis 24 November. 

Aksi mogok serupa terjadi di Eurowings, maskapai yang masih bagian dari Lufthansa. Protes berujung pada pembatalan lebih dari 60 penerbangan di Hamburg dan Duesseldorf. 

Seruan unjuk rasa digagas serikat pilot terbesar di Jerman, Verdi, atas permintaan kenaikan gaji dan kondisi lingkungan kerja. 

Para pilot Lufthansa meminta kenaikan gaji sebesar 3,66 persen per tahun. Mereka mengaku tidak naik gaji sejak lama dan juga "kehilangan daya beli" karena inflasi, sementara Lufthansa mendapatkan profit hingga miliaran Euro.

Selama ini, Lufthansa menawarkan kenaikan gaji pilot di angka 2,5 persen. 


(WIL)