Paduan Suara Indonesia Pukau Vatikan dengan Lagu Nasional

Fajar Nugraha    •    Jumat, 23 Sep 2016 17:48 WIB
indonesia-vatikan
Paduan Suara Indonesia Pukau Vatikan dengan Lagu Nasional
Paduan Mia Patria pukau banyak warga di Vatikan (Foto: KBRI Vatikan)

Metrotvnews.com, Vatikan: Paduan suara asal Indonesia memukau Paus Fransiskus serta jemaah Katolik, ketika mereka menyanyikan beberapa lagu di Basilika Santo Petrus di Vatikan.
 
Kesempatan ini didapatkan ketika paduan suara "Mia Patria" dan ratusan ribu umat Katolik memadati gereja Katolik tersebut ketika Paus melakukan 'Papal Audience' pada Rabu 21 September.
 
Papal Audience merupakan acara rutin seorang Paus pada setiap hari Rabu. Pada acara tersebut, Sri Paus akan keluar ke halaman Basilika Santo Petrus untuk beraudiensi dengan peziarah dan masyarakat umum yang jumlahnya mencapai ratusan ribu orang.


Paduan suara Mia Patria di Vatikan (Foto: Dok. KBRI Vatikan)
 
 
"Untuk pertama kalinya beberapa lagu Indonesia dikumandangkan dihadapan umat yang memadati halaman Basilika Santo Petrus. Rombongan Mia Patria mendapat kehormatan untuk tampil menyanyikan sejumlah lagu Indonesia dalam Papal Audience," sebut keterangan tertulis KBRI Vatikan, yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (23/9/2016). 
 
"Selain lagu religi, rombongan Mia Patria juga mengumandangkan tiga lagu nasional yakni Satu Nusa Satu Bangsa, Garuda Pancasila, dan Indonesia Tanah Air Beta serta lagu daerah Indonesia seperti Alusi Au dan Ondel-ondel," imbuh keterangan tersebut. 
 
Tidak hanya melalui suaranya yang merdu, grup Mia Patria juga tampil memukau dengan mengenakan kostum tradisional Indonesia. Penampilan yang unik ini mendapatkan apresiasi dari jemaah. Tidak sedikit yang menyempatkan diri berpose bersama rombongan Mia Patria.
 
Group Mia Patria berada di Roma pada 20–25 September 2016 dalam rangka cultural trip yang didukung oleh KBRI Vatikan. Selain tampil di hadapan Paus Fransiskus, rombongan Mia Patria dijadwalkan mengisi acara Festival Dell’Oriente di Napoli 23 September 2016 serta tampil dalam pagelaran Spettacolo Culturale Indonesiano yang diselenggarakan oleh KBRI Vatikan di Collegio San Paolo Apostolo, Roma pada 24 September 2016.  
 



(FJR)