Makam Filsuf Ternama Karl Marx Dirusak

Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 17 Feb 2019 14:18 WIB
inggris
Makam Filsuf Ternama Karl Marx Dirusak
Makam Karl Marx di London, Inggris. (Foto: Tolga Akmen/AFP)

London: Makam filsuf ternama asal Jerman Karl Marx dirusak. Perusakan ini merupakan kali kedua dalam dua pekan terakhir.

Coretan berwarna merah dengan tulisan ‘Arsitek Genosida’ dan ‘Doktrin Kebencian’ terlihat di dinding makam yang terletak di Highgate Cemetery, London, Inggris.

Serangan pertama terjadi kurang dari dua pekan lalu. Lempengan marmer dengan nama Marx dipukul seseorang dengan palu. Pihak pemakaman Highgate Cemetery mengaku khawatir makam Karl Marx tidak akan sama lagi meski nantinya diperbaiki.

Salah seorang pengunjung, Maxwell Blowfield, 31, terkejut dengan perusakan makam tersebut. Dia mengunjungi makam tersebut bersama ibunya.

“Ini bagian puncak dari pemakaman. Melihat tingkat kerusakan, sepertinya hal ini tidak baik,” katanya, dilansir dari laman The Guardian, Minggu 17 Februari 2019.

“Saya tidak ingin mengatakan siapa atau mengapa ini dilakukan pelaku. Namun jelas dia seseorang yang sangat kritis terhadap Marx dan bagian sejarah kala itu,” imbuhnya.

Pihak manajemen, yang diwakili Kepala Eksekutif Pemakaman Ian Dungavell, mengaku kecewa dengan penyerangan tersebut. Dia menganggap pelaku memang sengaja membidik makam Marl Marx.

“Pelaku sepertinya berusaha menghilangkan nama Karl Marx,” tuturnya.

Plakat berbahan marmer itu pertama kali digunakan di kuburan istri Marx, Jenny von Westphalen, pada 1881. Kemudian plakat itu dipindahkan ketika sisa-sisa jenazah Marx dan istrinya ditaruh di lokasi yang lebih menonjol pada 1954.

Monumen tersebut dimiliki oleh Marx Grave Trust yang diwakili Perpustakaan Memorial Marx di Clerkenwell.

Makam Highgate, dalam akun Twitter mereka, mengecam keras tindakan vandalisme terhadap makam Karl Marx. Mereka mengatakan perusakan itu sangat bodoh dan tidak berperasaan.

Sementara itu, pihak kepolisian Inggris mengaku telah menerima laporan kerusakan sekitar pukul 10.50 waktu setempat pada Sabtu kemarin. Juru bicara kepolisian menuturkan keberadaan pelaku masih dalam penelusuran.

“Tidak ada penangkapan. Kami akan meminta siapa pun yang memiliki informasi untuk menghubungi kami,” kata mereka.


(WIL)


Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

2 weeks Ago

Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders memulai kampanye di tempat…

BERITA LAINNYA