KRI Bima Suci Diresmikan di Pelabuhan Vigo Spanyol

   •    Minggu, 17 Sep 2017 12:44 WIB
KRI Bima Suci Diresmikan di Pelabuhan Vigo Spanyol
Acara peresmian KRI Bima Suci di Vigo, Spanyol, 12 September 2017. (Foto: KBRI Madrid)

Metrotvnews.com, Vigo: Acara peresmian KRI Bima Suci berlangsung di Dermaga Pelabuhan Vigo, Spanyol, Selasa 12 September 2017, dengan dipimpin KSAL Laksamana Ade Supandi. 

Hadir pula Wakil Presiden RI ke-6, Jend (Purn) TNI Try Sutrisno yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan Filosofi Bima Suci, dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso yang menyaksikan acara serah terima dan menerima maket kapal latih terbesar di dunia tersebut.  

Seluruh rangkaian acara berlangsung lancar sesuai tradisi Angkatan Laut. Acara yang dihadiri Presiden Xunta de Galicia Alberto Nunez Feijo, dan pejabat tinggi Pemerintah Xunta de Galicia, Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol, dan Mabes AL Kerajaan Spanyol tersebut meliputi Serah Terima Kapal Layar Latih NB705; kemudian Upacara Peresmian KRI Bima Suci dan Pengukuhan Komandan KRI Bima Suci, serta peninjauan kapal dan cocktail. 

Dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu 16 September 2017, peresmian diawali dengan Laporan Komandan Satgas Proyek Pengadaan Kapal Layar Latih NB705, kemudian penandatanganan dokumen serah terima kapal layar latih NB705 dari Dirjen Galangan Kapal Freire Shipyard kepada Pemerintah Indonesia yang diwakili Kementerian Pertahanan.



Selanjutnya dari Kementerian Pertahanan diserahterimakan kepada Asisten Logistik MABES TNI AL, Laksamana Muda Mulyadi dan selanjutnya kepada Asisten Logistik Armada Timur Kol. Teguh. 

Pembuatan kapal tersebut berlangsung sejak tahun 2015 dalam 12 tahap.

Secara teknis, kapal sekolah ini berukuran 111 meter dan lebar 13,5 meter, memiliki komponen inovatif yang tinggi dan memiliki produk yang jauh lebih unggul dibandingkan kapal lainnya untuk jenis ini. 

KRI Bima Suci memiliki kapasitas terbesar dari semua kapal kategori untuk pelatihan kadet. Kapal ini juga memiliki desain baru dan orisinil yang dipersyaratkan oleh standar mewah beserta aneka ragam arsitektur interior, material dan elemen yang digunakan di dalamnya sehingga memberi kapal tingkat inovasi yang sangat tinggi dan tidak ditemukan di kapal serupa di wilayah Eropa.



(WIL)