Erdogan Ancam Tidak Ratifikasi Perjanjian Iklim Paris

Willy Haryono    •    Minggu, 09 Jul 2017 14:23 WIB
ktt g20
Erdogan Ancam Tidak Ratifikasi Perjanjian Iklim Paris
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam KTT G20 di Hamburg, Jerman, 8 Juli 2017. (Foto: AFP/TOBIAS SCHWARZ)

Metrotvnews.com, Hamburg: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam tidak akan meratifikasi perjanjian iklim paris. 

Pernyataan disampaikan Erdogan dalam sebuah konferensi pers usai berakhirnya Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu 8 Juli 2017. 

Dalam deklarasi akhir KTT G20, negara-negara anggota selain Amerika Serikat (AS) sepakat melanjutkan komitmen terhadap perjanjian iklim Paris. Deklarasi KTT G20 mengakui sikap AS untuk mundur dari perjanjian iklim Paris yang dibuat pada 2015. 

Namun usai deklarasi, Erdogan menyatakan, "posisi kami saat ini adalah tidak meloloskan (ratifikasi perjanjian iklim Paris) ke parlemen Turki," ujar Erdogan, seperti dikutip AFP

Ia mengklaim selain Turki, ada juga beberapa negara "G19" yang memiliki keraguan terkait perjanjian iklim Paris. 

Erdogan mengaku telah berkata kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel: "Maaf tidak bermaksud menyinggung, tapi kami tidak akan meloloskan ini ke parlemen kami selama beberapa hal yang dijanjikan kepada kami tidak dipenuhi."

Menurut Erdogan, presiden Prancis sebelum Macron, Francois Hollande, telah berjanji akan mengklasifikasikan Turki sebagai negara berkembang, bukan ekonomi industri. 

Jika diklasifikasikan sebagai negara berkembang, Ankara akan menerima uang dari dana iklim global alih-alih membayar untuk meningkatkan jumlahnya. 

Deklarasi akhir KTT G20 juga menyatakan untuk kali pertamanya bahwa negara-negara anggota berhak melindungi pasar mereka dengan "instrumen pertahanan perdagangan yang sah."

Pernyataan mengenai perdagangan itu memberikan ruang bagi Trump untuk mendorong "Amerika Lebih Dahulu," sebuah kebijakan yang memprioritaskan kepentingan dalam negeri AS ketimbang kemitraan dengan negara lain. 




(WIL)