Ribuan Pengemudi Terjebak Salju, Spanyol Kerahkan Militer

Arpan Rahman    •    Senin, 08 Jan 2018 19:08 WIB
badai saljuspanyol
Ribuan Pengemudi Terjebak Salju, Spanyol Kerahkan Militer
Sejumlah mobil yang berhasil dibebaskan usai terjebak timbunan salju di jalan raya Madrid, Spanyol, 7 Januari 2018. (Foto: AFP)

Madrid: Spanyol mengerahkan 250 personel militer, Minggu 7 Januari 2018, untuk membantu menyelamatkan ribuan orang yang terjebak dalam kendaraan mereka di tengah guyuran salju di beberapa ruas jalan di Madrid.

Unit darurat angkatan darat UME telah mengirim dua pasukan spesialis dan 95 kendaraan untuk membebaskan lebih dari 3.000 kendaraan yang terjebak di jalan raya AP6. Ruas ini menghubungkan Madrid dengan kota Spanyol di barat laut, Segovia.

"Kendaraan dilepaskan satu demi satu, ada mobil dengan bayi di dalamnya tanpa memiliki pasokan air atau makanan," kata juru bicara UME Aurelio Soto, seperti dikutip Straits Times, Senin 8 Januari 2018.

Video yang diunggah di Twitter oleh layanan darurat menunjukkan tentara dan polisi menangani timbunan salju. Mereka menggunakan sekop untuk membersihkan salju dari sejumlah mobil yang terperangkap.

Sekitar 70 kilometer jalan raya di kawasan tengah Spanyol ditutupi salju. Ini terjadi saat banyak keluarga kembali ke rumah mereka usai liburan Natal.

Sejumlah pengendara mengunggah kondisi mereka di jalanan ke media sosial. Ada beberapa yang terjebak di jalan raya sejak Sabtu 6 Januari. Mereka terjebak tanpa cukup makan makanan dan pemanas.

Terjebak Berjam-jam

"Suami saya dan saya tidak makan apapun, karena memberikan sedikit yang kami miliki untuk anak-anak kami," Sara Ramos, yang terjebak di dalam mobilnya selama 15 jam beserta suami dan serta dua anak berusia dua dan enam tahun, kepada televisi nasional Spanyol.

"Sangat menyedihkan karena sudah berjam-jam menunggu, ini adalah situasi sulit, ada orang yang kedinginan karena baterai mobil mereka habis," serunya.

Menteri Pekerjaan Umum Spanyol Inigo de la Serna mengatakan bahwa pemerintah telah menggelar penyelidikan demi mengetahui apakah operator jalan tol yang menoperasikan jalan raya AP6 -- Iberpistas -- "telah memenuhi semua protokol" dalam situasi badai salju.

Ia mengatakan banyak jalan lain ditutupi salju, tapi langsung ditutup dan dibersihkan sehingga pengemudi tidak terjebak terlalu lama. Serna mengimbau warga untuk tidak mengemudikan mobil mereka di daerah yang terkena dampak badai salju, "kecuali jika benar-benar penting."

Badan Cuaca Spanyol mengeluarkan peringatan guyuran salju, angin kencang serta hujan deras untuk 37 provinsi sepanjang akhir pekan kemarin.


(WIL)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

18 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA