Mantan Pejabat IMF jadi PM Italia Sementara

Sonya Michaella    •    Selasa, 29 May 2018 16:00 WIB
italia
Mantan Pejabat IMF jadi PM Italia Sementara
Carlo Cottarelli, PM Italia sementara. (Foto: AFP)

Roma: Presiden Italia Sergio Mattarella menunjuk Carlo Cottarelli, mantan pejabat Dana Moneter Internasional (IMF), sebagai Perdana Menteri Italia sementara, usai ditinggal oleh Giuseppe Conte.

Ia ditugaskan Mattarella untuk membentuk pemerintahan baru dan menertibkan kekacauan politik dan konstitusional yang tengah terjadi.

"Saya akan mengumpulkan para pejabat dengan sangat cepat untuk membawa negeri ini ke pemilu, yang akan diadakan pada musim gugur atau awal tahun depan," kata Cottarelli, dikutip dari CNBC, Selasa 29 Mei 2018.

Ia mengatakan, akan ada sebuah program yang jika memenangkan dukungan parlemen, akan mencakup persetujuan anggaran 2019.

"Parlemen akan dibubarkan dengan pemilu awal 2019. Dengan tidak adanya parlemen, pemerintah akan mengundurkan diri segera dan fungsi utamanya adalah pengelolaan urusan biasa sampai pemilu diadakan setelah bulan Agustus," tambah dia.

Dengan mundurnya Giuseppe Conte sebagai PM Italia, Presiden Mattarella juga terancam dipecat. Sebelumnya, Mattarella memberi mandat pada Conte untuk membentuk pemerintahan. Keluarnya Conte dari posisi pemerintah dianggap sebagai krisis konstitusi oleh Partai Liga Utara dan Gerakan Lima Bintang.

Sementara itu, pengunduran Conte dari posisi PM disebabkan Mattarella menolak menteri keuangan yang dipilihnya, Paolo Savona. Mattarella menganggap Savona berpotensi berbahaya bagi pemerintahan Italia.

Populis dari Gerakan Lima Bintang Luigi Di Maio memanggil seluruh pendukung partainya untuk mendakwa Mattarella karena telah membuat krisis politik di negara tersebut. Gerakan Lima Bintang berusaha membentuk pemerintahan dengan  Partai Liga Utara yang berideologi ekstrem kanan.

Sejak Maret lalu, Italia berjalan tanpa pemerintah karena tidak ada kelompok politik yang dapat membentuk mayoritas.


(WIL)