Jelang Peringatan Referendum, Bentrokan Meletus di Barcelona

Arpan Rahman    •    Minggu, 30 Sep 2018 16:08 WIB
referendum catalonia
Jelang Peringatan Referendum, Bentrokan Meletus di Barcelona
Polisi bentrok dengan kelompok separatis di Barcelona, Spanyol,. 29 September 2018. (Foto: AFP/PAU BARRENA)

Barcelona: Polisi bentrok dengan sekelompok separatis Catalonia di Barcelona, Spanyol, Sabtu 29 September 2018. Bentrok terjadi saat sekelompok warga menentang aksi polisi yang menggelar pawai untuk menuntut kenaikan gaji.

Dikutip dari kantor berita ITV, sejumlah kelompok pro-kemerdekaan Catalonia menggelar Festival Holi di alun-alun Sant Jaume. Tujuan dari festival itu adalah agar aksi mendukung Kepolisian Nasional Spanyol dan Sipil Guardia yang meminta kenaikan gaji tidak terlaksana.

Pasukan keamanan lokal bergerak maju setelah para separatis melemparkan cat ke udara sebagai bagian dari festival Holi. Aparat menggunakan pentungan untuk mencoba membubarkan demonstran.

Bentrokan antar kedua kubu pun terjadi selama beberapa saat.

Ketegangan meninggi di Catalonia menjelang peringatan referendum pada Senin mendatang. Referendum digelar tahun lalu sebagai upaya separatis untuk memisahkan Catalonia dari Spanyol.

Baca: Ribuan Warga Catalonia Peringati Hari Kemerdekaan

Proses pemungutan suara dalam referendum tahun lalu diwarnai bentrok, setelah polisi dan personel paramiliter mencoba membubarkan para pemilih. Bentrokan melukai ratusan orang.

Spanyol menilai referendum Catalonia ilegal. Tokoh separatis Catalonia Carles Puigdemont mengasingkan diri ke Belgia untuk menghindari penangkapan oleh polisi Spanyol.


(WIL)