PM Spanyol akan Berkunjung ke Catalonia Jelang Referendum

Arpan Rahman    •    Jumat, 15 Sep 2017 16:54 WIB
politik spanyol
PM Spanyol akan Berkunjung ke Catalonia Jelang Referendum
Warga Catalonia mengikuti awal kampanye referendum kemerdekaan di Tarraco, Tarragona, Spanyol, 14 September 2017. (Foto: AFP/JOSEP LAGO)

Metrotvnews.com, Madrid: Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy bersiap memasuki Catalonia, Jumat 15 September 2017, menjelang referendum kemerdekaan kontroversial. 

Catalonia berencana menggelar referendum kemerdekaan dari Spanyol pada 1 Oktober mendatang. Pemerintah pusat di Madrid menentang keras referendum tersebut. 

Di depan kerumunan 8.000 pendukungnya di Tarragona, Presiden Catalonia Carles Puigdemont dan pemimpin separatis lainnya mengumumkan dimulainya kampanye referendum kemerdekaan.

"Katakan kepada semua orang yang meragukan, bahwa pada tanggal 1 Oktober nanti, mereka akan dihadapkan pada keputusan sederhana: jangan memilih mereka yang ingin membuat kita tetap hidup dalam kegelapan. Silakan keluar ke tempat pemungutan, ambil kertas suara (dan gunakan hak pilih)," seru Puigdemont di atas panggung dalam sebuah arena adu banteng.

"Tolong gunakan hak pilih kalian, yang akan membawa cahaya dalam kegelapan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun," lanjut dia. Para simpatisan separatis merespons ucapan Puidgemont dengan teriakan: 
 
"Merdeka!" 

"Kami akan memberikan suara." 

"Kami tidak takut!"

Baca: Protes Menuntut Kemerdekaan Merebak di Barcelona

Koordinator kampanye menyiarkan sebuah video yang menggambarkan masa depan Catalonia yang cerah jika berhasil lepas dari Spanyol.

Jika kubu "Iya" memenangkan referendum, maka pemerintahan daerah Catalonia bertekad mendeklarasikan kemerdekaan dalam kurun waktu 48 jam ke depan, dan mendirikan negara berdaulat yang terpisah dari Spanyol. 

Madrid menilai referendum Catalonia tidak demokratis dan melanggar konstitusi.


(WIL)