Gencar Promosi Pariwisata, Prancis Targetkan 89 Juta Turis di 2017

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 05 Sep 2017 17:15 WIB
indonesia-prancis
Gencar Promosi Pariwisata, Prancis Targetkan 89 Juta Turis di 2017
Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Bethonnet (Foto: Marcheilla Ariesta/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Sempat meredup lantaran teror yang terus menyerang, Prancis kembali gencar melakukan promosi pariwisata. Menurut Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Bethonnet, Presiden Emmanuel Macron memerintahkan bidang pariwisata kembali digenjot untuk memperbaiki perekonomian Negeri Menara Eiffel tersebut.
 
"Tahun lalu, Prancis menerima 83 juta turis dari seluruh dunia. Sayangnya, jumlah ini menurun hingga 1,5 juta dari total turis di tahun 2015," ujar Bethonnet, saat ditemui di Institute Francais Indonesia, Jakarta, Selasa 5 September 2017.
 
Padahal, sambung Bethonnet, Prancis merupakan destinasi wisata nomor wahid turis seluruh dunia, diikuti Amerika Serikat dan Spanyol. Namun, hingga akhir 2017, Prancis menargetkan untuk mensapat 89 juta turis.
 
"Pariwisata menyumbang delapan persen pendapatan negara. Karena berpengaruh ke ekonomi, makanya Presiden Macron memerintahkan untuk menggenjot kembali bidang pariwisata," imbuhnya.
 
Sementara itu, Indonesia menyumbangkan 150 ribu pelancong ke Prancis tahun lalu. Berthonnet menyebutkan Indonesia sebagai negara ASEAN yang warganya paling banyak berkunjung ke Prancis.
 
Meski jumlah wisatawan berkurang di 2016, namun permintaan visa ke Prancis bertambah. Hal ini lantaran visa untuk ke Prancis bisa dikeluarkan dalam waktu 48 jam saja.
 
"Mudahnya proses pengajuan visa dan cepatnya visa dikeluarkan menjadi salah satu faktor pariwisata Prancis masih berjaya," tutur Direktur Atout France ASEAN, Morad Tayebi.
 
Untuk menambah jumlah wisatawan, Kedutaan Prancis bekerja sama dengan Atout France dan sponsor lainnya mengajak pelancong Indonesia untuk berkunjung ke Negeri Menara Eiffel tersebut, dengan sebuah kontes foto.
 
"Kami dari Atout France siap meluncurkan kampanye ini. Pemenangnya boleh membawa tiga anggota keluarga mereka ke Prancis dan akan mendapatkan pelayanan bintang lima," serunya.
 
Atout France adalah Badan Pariwisata Prancis yang bertanggung jawab atas promosi pariwisata Prancis di seluruh dunia. Lembaga ini resmi dari pemerintah, bertugas menyediakan layanan dan menyelenggarakan acara profesional pariwisata, serta untuk memberikan informasi mengenai wisata Prancis ke publik.



(FJR)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

8 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA