Indonesia Tuan Rumah Perayaan 50 Tahun ASEAN di Hongaria

   •    Rabu, 09 Aug 2017 13:09 WIB
asean
Indonesia Tuan Rumah Perayaan 50 Tahun ASEAN di Hongaria
Indonesia tuan rumah perayaan hari jadi ke-50 ASEAN (Foto: KBRI Budapest).

Metrotvnews.com, Budapest: Indonesia empat perwakilan negara anggota ASEAN yang berada di Hongaria untuk menjadi tuan rumah pengibaran bendera ASEAN pada peringatan ulang tahun ASEAN ke–50, pada hari ini, 8 Agustus 2017. 
 
Terdapat lima perwakilan negara anggota ASEAN di Hongaria yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
 
Selain dihadiri oleh seluruh Duta Besar Negara anggota ASEAN, acara pengibaran bendera ASEAN yang dilaksanakan di Wisma Duta Republik Indonesia tersebut juga dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Hongaria Szilvester Bus, Direktur Jenderal Asia Pasifik Kemenlu Hongaria Sandor Sipos, para Duta Besar Negara Sahabat, tokoh masyarakat serta kalangan media. 
 
Dubes RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo Fatandari, selaku tuan rumah menyambut baik dilaksanakannya acaranya pengibaran bendera di Wisma Duta RI dan mengajak para hadirin yang hadir untuk lebih mengenal ASEAN dan the ASEAN Way yakni ikatan persaudaraan yang terjalin kuat. 


Pengibaran bendera ASEAN di KBRI Budapest (Foto: KBRI Budapest).
 
 
Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Filipina untuk Hongaria, Maria Fe T. Pangilinan, dalam pidatonya menyampaikan tantangan ASEAN menuju 2025 membutuhkan kerja sama solid antara negara anggotanya, untuk menyelesaikan permasalah dengan musyawarah dan lebih terlibat dalam masalah-masalah dunia untuk masa depan yang lebih baik. 
 
Sementara, Wamenlu Hongaria Szilvester Bus sebagai perwakilan pemerintah Hongaria menyampaikan bahwa, "ASEAN merupakan partner penting Hongaria dan negara Eropa Tengah lainnya. Hongaria sebagai negara dengan perkembangan paling pesat di Eropa Tengah merupakan mitra tepat bagi negara-negara ASEAN untuk mengembangkan kerja sama baik dalam bidang ekonomi dan perdagangan maupun bidang politik."
 
"ASEAN memiliki dinamika positif yang dapat menginspirasi baik Hongaria maupun Uni Eropa," imbuhnya, seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Budapest, yang diterima Metrotvnews.com, Rabu 9 Agustus 2017. 
 
Acara peringatan 50 tahun ASEAN berlangsung sukses dan banyak dihadiri oleh kalangan pemerintahan, pejabat diplomatik, tokoh masyarakat dan media merupakan sinyal positif mengenai kedudukan ASEAN di mata counterparts-nya. Kuatnya kerja sama antara negara-negara ASEAN juga semakin mempertegas kekuatan ASEAN di Eropa. 

(FJR)