Banjir Bandang, Yunani Tetapkan Hari Berkabung Nasional

Sonya Michaella    •    Kamis, 16 Nov 2017 16:00 WIB
banjiryunani
Banjir Bandang, Yunani Tetapkan Hari Berkabung Nasional
Banjir yang melanda Yunani menyisakan kehancuran (Foto: AFP).

Athena: Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menyatakan bahwa Yunani dalam status hari berkabung nasional akibat banjir bandang yang menyebabkan lebih dari 15 orang tewas.

(Baca: Banjir di Athena, Korban Bertambah 15 Orang).

"Ini adalah saat yang sulit bagi seluruh Yunani. Saya ingin menyampaikan duka cita mendalam bagi seluruh keluarga korban," ucap Tsipras, dikutip dari CNN, Kamis 16 November 2017.

Tsipras juga langsung mengadakan pertemuan darurat dengan menteri terkait untuk menangani evakuasi lanjutan akibat banjir.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Markas Uni Eropa di Brussels.

"Atas nama seluruh Komisi Eropa, saya ingin mengungkapkan solidaritas penuh dan juga dukacita mendalam untuk Yunani. Uni Eropa siap untuk membantu sepenuhnya," tulis Juncker dalam pernyataannya.

Menurut media setempat, setidaknya 37 orang dilarikan ke rumah sakit dan beberapa lainnya dilaporkan hilang.

Cuaca buruk menerjang sejumlah wilayah Yunani dalam sepekan terakhir. Namun warga tak memperkirakan akan turun hujan lebat yang menyebabkan banjir bandang.

Banjir tersebut merusak tembok dan atap bangunan, menghanyutkan mobil dan menyebabkan banyak warga terpaksa harus meninggalkan rumah mereka.



(FJR)