Uni Eropa Gandakan Bantuan untuk Pengungsi yang Terjebak di Yunani

Renatha Swasty    •    Minggu, 11 Sep 2016 05:20 WIB
yunani
Uni Eropa Gandakan Bantuan untuk Pengungsi yang Terjebak di Yunani
Ilustrasi pengungsi di Yunani - AFP/LOUISA GOULIAMAKI

Metrotvnews.com, Athena: Uni Eropa akan menggandakan bantuan darurat untuk Yunani. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup pengungsi dan migran yang menghuni negara itu selama berbulan-bulan.

Bantuan darurat sejumlah 115 juta Euro atau USD129 juta sedang disediakan Uni Eropa. Bantuan itu di luar dana 83 juta Euro yang dikeluarkan awal tahun ini.

Uang itu akan disalurkan melalui organisasi kemanusiaan untuk meningkatkan penampungan dan akses hidup bagi anak-anak pengungsi untuk pendidikan. Sedangkan sisanya akan diberikan dalam bentuk tunai atau voucher skema.

"Pendanaan baru memiliki tujuan utama memperbaiki kondisi bagi pengungsi di Yunani dan membuat perbedaan menjelang musim dingin mendatang," kata Komisaris Bantuan Kemanusiaan Christos Stylianides dikutip dari Reuters, Minggu (11/9/2016).

Sebanyak 60.000 pengungsi dan migran terjebak di Yunani setelah mereka mencoba untuk ke Eropa tengah dan utara. Mereka terjebak lantaran seluruh perbatasan Balkan ditutup awal tahun ini.

Banyak pengungsi ditampung di kamp militer yang ditinggalkan atau pabrik. Bantuan Uni Eropa yang diberikan di samping dukungan keuangan di bawah program pendanaan lain.


(REN)