Lima Orang Terluka dalam Festival Banteng Pamplona

Arpan Rahman    •    Minggu, 08 Jul 2018 17:08 WIB
spanyol
Lima Orang Terluka dalam Festival Banteng Pamplona
Rata-rata puluhan hingga ratusan orang terluka dalam Festival Banteng Pamplona di Spanyol pada setiap tahunnya. (Foto: AFP)

Pamplona: Satu orang terkena tandukan banteng dan empat lainnya terluka dalam Festival Banteng Pamplona di Spanyol, Sabtu 7 Juli 2018.

Seperti dikutip dari BBC, para korban dilarikan ke rumah terdekat.

Lomba lari menghindari serudukan banteng sejauh 875 meter di Pamplona, sebuah kota di Spanyol bagian utara, berlangsung dalam durasi sekitar 2,5 menit. Sekitar 2.000 orang ikut ambil bagian dalam festival ini di setiap tahunnya.

Menurut pemerintah Pamplona, ratusan orang terluka dalam festival ini, meski sebagian dari mereka hanya mengalami luka ringan akibat terjatuh.

Sejak mulai dicatat pada 1910, setidaknya 16 orang meninggal dunia dalam festival banteng di Spanyol. Peristiwa paling mematikan terjadi pada 1947 dan 1980, ketika dua peserta di dua periode itu meninggal dalam festival.

Korban terakhir yang tewas dalam festival Pamplona adalah Daniel Jimeno Romero, yang ditanduk di bagian leher pada 2009.

Mayoritas pelari dalam festival adalah pria -- wanita baru diizinkan ambil bagian sejak 1974.

Festival tahun ini berlangsung di tengah protes terkait perlakuan tak pantas terhadap wanita selama festival.

Sebuah kasus dugaan pelecehan seksual dalam festival sempat mengguncang masyarakat Spanyol tahun ini, yang kemudian memicu protes di seantero negeri.


(WIL)