Rusia Selidiki Penyebab Kecelakaan Pesawat di Moskow

Arpan Rahman    •    Senin, 12 Feb 2018 16:05 WIB
kecelakaan pesawatpesawat jatuhrusia
Rusia Selidiki Penyebab Kecelakaan Pesawat di Moskow
Seorang pria berada di lokasi pesawat jatuh di distrik Ramensky, Moskow Oblast, Rusia, 11 Februari 2018. (Foto: AFP/VASILY MAXIMO)

Moskow: Petugas gabungan menyelidiki semua kemungkinan terkait penyebab jatuhnya sebuah pesawat terbang komersil di area dekat Moskow. 

Pesawat Antonov An-148 dari maskapai Saratov Airlines yang mengangkut total 71 orang itu jatuh di beberapa menit usai lepas landas dari Bandara Internasional Domodedovo, Minggu 11 Februari 2018.

Komite Investigasi Rusia akan mempertimbangkan semua kemungkinan, termasuk kesalahan manusia, kegagalan teknis, atau kondisi cuaca. Rusia tidak menyebutkan kemungkinan adanya unsur terorisme.

"Enam puluh lima penumpang dan enam awak kapal berada di dalam pesawat, dan semuanya meninggal dunia," ujar pernyataan kantor investigasi transportasi Rusia, seperti disitir AFP, Senin 12 Februari 2018.

Tiga anak-anak berada di antara korban tewas. Pesawat berada dalam perjalanan dari Moskow Oblast menuju Orsk, sebuah kota di pegunungan Ural.

Kementerian Urusan Darurat Rusia melaporkan lebih dari 400 petugas dan 70 kendaraan sudah dikirim ke lokasi kecelakaan. Lokasi diselimuti salju tebal, sehingga sulit diakses. 

Baca: Pesawat Jatuh di Dekat Moskow Tewaskan 71 Orang

Petugas terpaksa memarkir kendaraan mereka di lokasi yang cukup jauh dan harus berjalan kaki menuju puing pesawat. Terdapat pula petugas yang mengendarai mobil salju dan menerbangkan pesawat tanpa awak atau drone guna memantau lokasi.

Menteri Transportasi Rusia Maksim Sokolov mengatakan bahwa "keahlian pakar di bidang genetik" diperlukan untuk mengidentifikasi korban. Ia menambahkan proses itu "membutuhkan waktu sedikitnya dua atau tiga bulan."

Rusia mengalami banyak kecelakaan pesawat dari waktu ke waktu, yang dipengaruhi pengoperasian pesawat tua oleh beberapa maskapai.

Sebuah pesawat ringan jatuh pada November tahun lalu di timur laut Rusia, yang berujung pada tewasnya enam orang.

Pada Desember 2016, sebuah pesawat militer yang membawa Tentara Merah jatuh setelah lepas landas dari resor Sochi. Kecelakaan menewaskan sekitar 92 orang. Pilot dituding sebagai penyebab utama kecelakaan.

Pada Maret 2016, total 62 penumpang meninggal dunia saat jet FlyDubai jatuh dalam cuaca buruk dalam proses pendaratan di bandara Rostov-on-Don.

 


(WIL)