Badai Eleanor Bergerak ke Arah Inggris

Arpan Rahman    •    Selasa, 02 Jan 2018 15:13 WIB
topan badai
Badai Eleanor Bergerak ke Arah Inggris
Ilustrasi badai. (Foto: Medcom.id)

London: Badai Eleanor dengan kecepatan tiupan angin hingga 128 kilometer per jam bergerak ke arah beberapa wilayah di Inggris, Selasa 2 

Badan Meteorologi Inggris (Met Office) telah mengeluarkan peringatan level kuning bagi bagian utara, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Angin topan dengan kecepatan putaran hingga 96,5 km/jam sampai 113 km/jam kemungkinan terjadi di ketiga daerah tersebut. Angin kencang juga diperkirakan menerpa beberapa daerah di pantai barat.

Eleanor merupakan badai kelima yang akan melanda Inggris di musim dingin kali ini.

"Pemadaman dan gangguan listrik terhadap layanan publik dapat terjadi. Terdapat pula kemungkinan gangguan dan pembatalan jadwal transportasi umum," ucap Met Office, seperti dinukil BBC, Selasa 2 Januari 2018.

Peringatan kedua level kuning mengenai angin kencang juga dikeluarkan untuk Wales dan sebagian besar Inggris, dan berlaku sampai Rabu mendatang. Angin terkencang diperkirakan bertiup di daerah pesisir di barat dan selatan.

Met Eireann, Dinas Meteorologi Irlandia, juga mengeluarkan peringatan level kuning, dengan kemungkinan adanya "embusan yang bersifat merusak" dari Eleanor.

Selfie di Tengah Badai

Sementara itu, Agensi Lingkungan Hidup Inggris mengingatkan kombinasi angin kencang dan gelombang tinggi dapat melanda kawasan pesisir di beberapa wilayah Inggris.

Carol Holt, manajer satuan tugas banjir, meminta warga agar tetap mengamankan diri dan waspada serta tidak melakukan "swafoto di tengah badai."

"Berhati-hatilah pada jalur pantai dan kawasan pejalan kaki, dan jangan membahayakan diri Anda sendiri untuk mengambil swafoto di sela serangan badai," ungkap dia.

"Jika Anda bepergian, silakan periksa rute Anda sebelum berangkat dan jangan melewati banjir," lanjutnya.

Pekan lalu, peringatan level kuning untuk angin kencang dikeluarkan saat Topan Dylan menghantam berbagai daerah di Irlandia Utara dan Skotlandia.



(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

16 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA