Militer Irak Rebut Kembali Daerah yang Dikuasai Kurdi

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 18 Oct 2017 17:23 WIB
konflik irakkurdi
Militer Irak Rebut Kembali Daerah yang Dikuasai Kurdi
Pasukan Irak mengklaim telah merebut kembali wilayah yang dikuasai Kurdi (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Jakarta: Militer Irak mengklaim telah menguasai kembali daerah kekuasaan Kurdi di negara tersebut. Kebanyakan wilayah kekuasaan yang direbut kembali berada di Provinsi Nineveh.
 
Kurdi telah menguasai wilayah tersebut sejak tiga tahun lalu, saat mereka tengah berperang dengan Islamic State (ISIS). 
 
"Kami berhasil menguasai kembali daerah kekuasaan Kurdi di Provinsi Nineveh. Operasi perebutan kembali wilayah ini merupakan perintah langsung Perdana Menteri Haider al-Abadi," ujar Komandan Pasukan Militer Irak.
 
Dilansir dari laman BBC, Rabu 18 Oktober 2017, awal pekan ini tentara, polisi dan pasukan khusus telah menguasai kota Kirkuk dan ladang minyak di dekatnya. Operasi tersebut dilakukan beberapa pekan usai Kurdi mengadakan referendum kemerdekaan.
 
Pemilih di daerah otonom Kurdistan dan wilayah yang dikendalikan Peshmerga sebagian besar mendukung pemisahan diri Kurdi dari Irak. Sayangnya, pemungutan suara tersebut dinyatakan ilegal oleh pemerintah pusat yang dipimpin Arab di Baghdad.
 
Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi kemudian memerintahkan pasukan untuk menguasai semua wilayah yang diklaim oleh pemerintah dan otoritas Kurdi.
 
Pada Selasa lalu, Presiden daerah Kurdi Massoud Barzani meminta perdamaian dengan semua negara dan bersumpah untuk terus bekerja menuju kemerdekaan Kurdi. Dia menyalahkan hilangnya Kirkuk atas perselisihan internal antar politisi Kurdi.



(FJR)