Israel Sepakati Bangun 1.100 Permukiman Baru di Tepi Barat

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 11 Jan 2018 19:48 WIB
israel palestinapalestina israel
Israel Sepakati Bangun 1.100 Permukiman Baru di Tepi Barat
Israel setujui pembangunan 1.100 permukiman baru di Tepi Barat. (Foto: AFP/Ahmad Gharabli).

Tel Aviv: Otoritas Israel dilaporkan telah menyetujui lebih dari 1.100 rumah permukiman baru di Tepi Barat. Laporan ini diungkapkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peace Now.
 
Persetujuan ini merupakan serangkaian pergerakan baru dalam beberapa bulan terakhir. Persetujuan diberikan pada Rabu kemarin oleh komite kementerian pertahanan dengan wewenang atas pembangunan permukiman.
 
Sedikitnya, 352 rumah mendapat persetujuan akhir. Sementara lainnya berada di tahap awal dalam prosesnya.
 
Dilansir dari AFP, Kamis 11 Januari 2018, sebanyak 1.122 unit rumah sudah masuk dalam daftar, termasuk tujuh rumah yang diberi persetujuan pembangunan.
 
"Ini adalah bagian kecenderungan umum yang dilakukan pemerintah, yaitu membangun seluruh Tepi Barat, bahkan lebih banyak lagi tempat akan dibangun Israel. Cara ini malah menunda penuntasan kemungkinan dua solusi negara," ujar Hagit Ofran dari Peace Now.
 
Penembakan yang menewaskan seorang pemukim Israel pada Selasa lalu di Tepi Barat menyebabkan seruan baru untuk pembangunan permukiman lebih lanjut.
 
Menurut Peace Now, 6.742 proyek perumahan sudah disetujui pada tahun lalu. Angka tersebut tertinggi sejak 2013.
 
Permukiman Israel dipandang ilegal di bawah hukum internasional. Ini juga sebagai hambatan utama bagi perdamaian karena dibangun di atas tanah yang menurut warga Palestina, merupakan kepunyaan mereka.



(FJR)