Pasukan Irak Lancarkan Serangan Lanjutan ke Kota Tua Mosul

Arpan Rahman    •    Minggu, 18 Jun 2017 15:06 WIB
isis
Pasukan Irak Lancarkan Serangan Lanjutan ke Kota Tua Mosul
Serangan artileri ke posisi ISIS di Shifa, Mosul, Irak, 15 Juni 2017. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Mosul: Pasukan Irak memulai serangan mereka ke Kota Tua Mosul di Irak. Mereka menggencarkan tekanan untuk merebut kembali kota utara itu dari kelompok militan Islamic State (ISIS).

"Tentara, pasukan kontra-terorisme, dan polisi federal melancarkan serangan ke Kota Tua", sebut Letnan Jenderal Abdulamir Yarallah dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Al Arabiya dari AFP and Reuters, Minggu 18 Juni 2017.

Distrik peninggalan bersejarah tersebut merupakan daerah terakhir yang masih dikendalikan ISIS kota Irak utara. Area itu sempat dijadikan ibu kota de facto ISIS di Irak.

Serangan Irak yang didukung Amerika Serikat untuk menduduki Mosul sudah memasuki bulan kesembilan.

Sementara itu otoritas Irak melaorkan lebih dari 100 militan ISIS melancarkan serangan balik di Mosul barat. Serangan menewaskan enam polisi federal dan tiga warga sipil dalam bentrokan yang masih berlangsung.

Wartawan perang Rudaw di Mosul barat, Hunar Ahmed, melaporkan dari tempat kejadian bahwa 40 pejuang ISIS meluncurkan serangan balik terhadap pasukan pemerintah.

Semua militan tersebut adalah pelaku bom bunuh diri, dan mereka tewas dalam bentrokan dengan prajurit Irak.

Dengan jatuhnya pemukiman Zanjili, enklave yang masih dikuasai ISIS di kota Irak utara telah menyusut ke dua distrik di sepanjang tepi barat Sungai Tigris.


(WIL)