Tiba di UEA, Paus Fransiskus Akan Ikut Dialog Antar Agama

Willy Haryono    •    Senin, 04 Feb 2019 06:46 WIB
paus fransiskusuni emirat arab
Tiba di UEA, Paus Fransiskus Akan Ikut Dialog Antar Agama
Paus Fransiskus (kiri) bersama Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 3 Februari 2019. (Foto: AFP/POOL/ANDREW MEDICHINI)

Abu Dhabi: Paus Fransiskus mendarat di Uni Emirat Arab, Minggu 3 Februari 2019. Ini merupakan kunjungan pertama dari seorang pemimpin Gereja Katolik Roma Vatikan ke Semenanjung Arab.

Fransiskus tiba di Abu Dhabi setelah melewati perjalanan selama 48 jam. Di UEA, dia akan bertemu dengan beberapa ulama dan juga menggelar misa untuk sekitar 135 ribu pemeluk agama Kristen Katolik.

Baca: Pertama dalam Sejarah, Fransiskus Pergi ke Semenanjung Arab

Saat mendarat di UEA, seperti dikutip dari laman AFP, Fransiskus disambut Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed dan juga Sheikh Ahmed al-Tayeb, imam besar Al-Azhar asal Kairo, Mesir.

Hari ini, Senin 4 Februari 2019, Fransiskus akan berpartisipasi dalam konferensi antar-agama bersama Sheikh Ahmed.

Beberapa jam sebelum pulang ke Roma pada Selasa 5 Februari, Fransiskus akan memimpin misa di sebuah stadion di Abu Dhabi. Menurut media lokal, acara tersebut akan menjadi misa terbesar di UEA.

Kunjungan Fransiskus dilakukan saat UEA sedang bergabung dengan koalisi pimpinan Arab Saudi dalam menggempur pemberontak Houthi di Yaman. Sebelum terbang ke Semenanjung Arab, Fransiskus mengingatkan semua kubu bertikai di Yaman untuk menghormati perjanjian gencatan senjata.

"Saya menyerukan kepada semua pihak terkait dan juga komunitas internasional untuk menghormati perjanjian demi memastikan adanya distribusi makanan," tegas Fransiskus.

"Warga Yaman sudah lelah dengan konflik berkepanjangan, dan banyak anak-anak di sana menderita kelaparan, tapi tidak bisa mendapat makanan," lanjutnya.

"Tangisan anak-anak beserta orang tua mereka bahkan terdengar hingga ke langit, ke arah Tuhan," ungkap pria 82 tahun itu.


(WIL)