Bos Perusahaan Minyak Ditunjuk Jadi Menkes Arab Saudi

Willy Haryono    •    Rabu, 29 Apr 2015 18:01 WIB
politik arab saudi
Bos Perusahaan Minyak Ditunjuk Jadi Menkes Arab Saudi
Bos perusahaan minyak Saudi Aramco, Khalif al-Falih, dalam World Economic Forum di Davos, Swiss, Falih ditunjuk Raja Arab Saudi sebagai menteri kesehatan baru, Rabu (29/4/2015) -- AFP / PIERRE VERDY

Metrotvnews.com, Riyadh: Bos perusahaan minyak Aramco ditunjuk sebagai menteri kesehatan Arab Saudi, sebagai bagian dari perombakan besar-besaran kerajaan, Rabu (29/4/2015). 

Khalid al-Falih ditugaskan memimpin Arab Saudi memerangi virus MERS dan mengawasi sejumlah rumah sakit tempat dirawatnya tentara yang terluka dalam serangan ke Yaman. 

Aramco, perusahaan minyak terbesar di dunia dalam hal produksi dan ekspor, belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan Falih. 

Berdasarkan situs Aramco, seperti dikutip AFP, Falih telah menjadi presiden dan CEO sejak 2009. Dia sudah berkarier di Saudi Aramco sejak tiga deakde terakhir, membawahi lebih kurang 60 ribu pekerja. 

Dia menjadi menkes Arab Saudi keempat yang ditunjuk sejak 2014, menggantikan Ahmed al-Khatib. Januari lalu, Khatib ditunjuk Raja Salman dalam reshuffle kabinet. 

Situs berita Sabq.org melaporkan Khatib diganti karena kurang mampu menangani masalah rumah sakit di wilayah selatan Arab Saudi. 

Dalam perombakan hari ini, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz mendepak putra mahkota Moqren bin Abdul Aziz bin Saud dari daftar pewaris kerajaan. 

Penerus tahta Kerajaan Arab Saudi diberikan kepada Menteri Dalam Negeri, Pangeran Mohammed bin Nayef.


(WIL)