Partai Oposisi Kanada Tuduh Trudeau Lancarkan Perang Rahasia ke Irak

Sonya Michaella    •    Kamis, 17 Nov 2016 10:04 WIB
kejahatan kanadaisis
Partai Oposisi Kanada Tuduh Trudeau Lancarkan Perang Rahasia ke Irak
PM Kanada, Justin Trudeau (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Ottawa: Situasi yang semakin parah di Irak dan Suriah akibat kekuasaan kelompok militan Islamic State (ISIS), membuat Kanada ikut campur dalam memerangi ISIS.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau telah menunjukkan preverensinya untuk mendukung rakyat Irak dalam perjuangan mereka melawan ISIS. Salah satunya, mengirim pasukan khusus Kanada untuk berjuang bersama pasukan Irak dan Kurdi.

Dilansir AFP, Kamis (17/11/2016), keputusan PM Trudeau ini tampaknya ditentang Kanada. Pasalnya, pemerintah telah berulang kali menegaskan tidak akan melaksanakan 'misi tempur'.

Partai-partai oposisi di Kanada menuduh pemerintahan Trudeau melancarkan perang rahasia ke Irak tanpa persetujuan dari parlemen Kanada.

"Ada keterlibatan dalam jumlah besar dari Kanada. Pasukan khusus Kanada menggunakan sniper, senjata ringan, mortir dan roket anti-tank melawan ISIS, bulan lalu," tutur Mayor Jenderal Michael Rouleau.

Dalam pertempuran tersebut, tentara Kanada menyerang ISIS menggunakan serangan roket. Kanada memiliki lebih dari 200 pasukan khusus di Irak. Satu tentara Kanada tewas selama misi tersebut.

Sebelumnya, rencana Kanada menarik mundur pesawat jet tempur dari koalisi pimpinan Amerika Serikat membuat negara ini dianggap tak serius dalam menghadapi ISIS.

Namun, PM Trudeau mempertahankan keputusannya, dan mengatakan Kanada akan tetap berkontribusi secara militer untuk memerangi ISIS di Irak dan Suriah, meski bukan lewat serangan udara.




(WIL)