ISIS Ledakkan Bom di Irak, 77 Umat Syiah Tewas

Sonya Michaella    •    Jumat, 25 Nov 2016 08:00 WIB
isis
ISIS Ledakkan Bom di Irak, 77 Umat Syiah Tewas
Pom bensin dan restoran yang diledakkan ISIS (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Baghdad: Sebanyak 77 orang tewas dalam serangan bom truk di kota Hilla, sekitar 100 kilometer dari Baghdad, Irak. Mayoritas, mereka yang tewas adalah umay Syiah asal Iran.

Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan di Irak ini. Lewat pernyataan yang diterbitkan oleh kantor beritanya, Amaq, ISIS mengklaim jumlah korban jiwa dan yang cedera mencapai 200 orang.

Jamaah Syiah ini diketahui sedang dalam perjalanan pulang ke Iran dari Karbala, Irak. Mereka datang ke Karbala untuk mengenang kematian Imam Hussein, cucu Nabi Mohammad yang tewas sebagai martir pada Abad Ketujuh.

Seorang pejabat keamanan setempat, Falah al-Radi Radhi, mengatakan bahwa jumlah korban jiwa diperkirakan masih akan meningkat.



"Ledakan itu terjadi di sebuah pom bensin dan restoran di Hilla, ketika truk menabrak pom bensin. Selain itu, 40 orang juga terluka," tutur Al-Radi, seperti dikutip BBC, Jumat (25/11/2016).

Stasiun pom bensin di kampung Shomali yang menjadi lokasi serangan memiliki sebuah restoran yang populer di kalangan para pelancong.

Lima bus yang membawa jemaah Syiah itu dilaporkan terbakar terkena ledakan bom yang berasal dari sebuah truk berisi bahan peledak.

Tampaknya, ISIS semakin meningkatkan serangannya dalam beberapa pekan terakhir, sejalan dengan operasi militer --yang didukung Amerika Serikat-- untuk merebut kembali Mosul, yang merupakan kota besar terakhir di Irak yang masih dikuasai ISIS.



(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA