Fidel Castro, 50 Tahun Melawan Dominasi AS

Sonya Michaella    •    Sabtu, 26 Nov 2016 13:25 WIB
fidel castro wafat
Fidel Castro, 50 Tahun Melawan Dominasi AS
Fidel Castro, pada tahun 1963 saat berkunjung ke New York (Foto: Guardian)

Metrotvnews.com, Havana: Mantan presiden Kuba yang juga ikon revolusi kini telah tiada. Fidel Castro wafat di usia 90 tahun pada Jumat 25 November waktu setempat.

Ia adalah Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Dengan jangka waktu jabatannya tersebut, Castro memimpin Kuba selama lima dekade dan menjadi kepala negara paling lama berkuasa ketiga, setelah Ratu Elizabeth dan Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Perdana Menteri atas penunjukannya pada Februari 1959 setelah tampil sebagai komandan revolusi yang gagal Presiden Dewan Negara merangkap jabatan sebagai Dewan Menteri Fulgencio Batista pada tahun 1976.


Fidel Castro (kanan) bersama adiknya, Raul Castro/Guardian

Dilansir Guardian, Sabtu (26/11/2016), tahun 1947, ia ikut dalam upaya kudeta diktator Republik Dominika Rafael Trujillo dan lari ke New York, Amerika Serikat karena adanya ancaman akan dihabisi lawan politiknya.

Castro juga pernah dipenjara selama 15 tahun karena memimpin serangan ke barak militer Moncada Santiago de Cuba, namun gagal.  Sebanyak 69 orang dari 111 orang yang ambil bagian dalam serbuan itu tewas.

Setelah bebas, ia mulai menggalang kekuatan untuk melawan dominasi AS dan bekas negara Uni Soviet. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, cita-cita dan impiannya mulai diwujudkan dengan bertemu Hugo Chávez di Venezuela dan Evo Morales dari Bolivia.

Juli 2006, Fidel menyerahkan kekuasaannya secara sementara kepada Raul. Namun pada 2008, Fidel akhirnya menyerahkan kekuasaan Kuba kepada Raul secara keseluruhan, saat menjalani operasi.
 
Di tahun-tahun terakhir Fidel jarang sekali terlihat di muka publik. Dia lebih sering menyiarkan video ataupun foto pertemuan dengan beberapa tamu.


(FJR)