TKW Filipina Dipaksa Minum Pemutih di Arab Saudi

Sonya Michaella    •    Selasa, 17 Apr 2018 13:02 WIB
arab saudifilipina
TKW Filipina Dipaksa Minum Pemutih di Arab Saudi
ilustrasi. (Foto: Asia One)

Riyadh: Seorang pekerja migran asal Filipina dirawat di rumah sakit di Arab Saudi karena diduga dipaksa meminum cairan pemutih oleh majikannya.

Agnes Mancilla, terpaksa harus menjalani operasi perut setelah ia tidak sadarkan diri di rumah majikannya di Jizan.

"Kami bekerja sama dengan pihak berwenang di Jizan untuk memastikan keadilan diberikan kepada Mancilla," sebut pernyataan resmi dari Kementerian Luar Negeri Filipina, dikutip dari Channel News Asia, Selasa 17 April 2018.

Dilaporkan, Mancilla kini dalam kondisi yang amat serius namun stabil. Polisi Arab Saudi juga mengonfirmasi telah menangkap majikan perempuan Mancilla.

Mancilla telah bekerja di Arab Saudi sejak 2016 dan mengaku sering mendapat perlakuan kasar dari majikan perempuannya. Ia juga tak digaji secara penuh.

Insiden ini tentu menambah deretan dugaan penganiayaan pekerja migran Filipina di Timur Tengah.

Februari kemarin, hubungan diplomatik Filipina dan Kuwait juga sempat renggang karena ada dugaan pelecehan seksual pekerja migran Filipina di negara itu. 

Presiden Rodrigo Duterte mengecam Pemerintah Kuwait karena seorang warganya yang bekerja sebagai asisten rumah tangga ditemukan tewas di dalam lemari pendingin.

Ia juga telah memperingatkan pekerja migran Filipina untuk berhenti mendaftar untuk bekerja di negara-negara Timur Tengah. 


(FJR)