Enam Jurnalis Palestina Tertembak Tentara Israel

Dhaifurrakhman Abas    •    Sabtu, 07 Apr 2018 08:05 WIB
israel palestinapalestina israel
Enam Jurnalis Palestina Tertembak Tentara Israel
Para pengunjuk rasa bentrok dengan pasukan Israel di perbatasan Gaza-Israel, 1 April 2018. (Foto: AFP/SAID KHATIB)

Palestina: Enam jurnalis Palestina terluka karena tertembak tentara Israel pada Jumat 6 April waktu setempat. Peristiwa penembakan tersebut terjadi saat para jurnalis meliput bentrokan antara ribuan pengunjuk rasa dan balatentara Israel di lima wilayah sepanjang jalur Gaza.

Sindikat jurnalis Palestina mengatakan, enam orang yang ditembak tersebut sudah mengenakan atribut yang menunjukkan dirinya sebagai jurnalis.

"Sehingga, Israel dituntut untuk bertanggung jawab secara penuh atas aksi kriminal yang mereka lakukan," kata Sindikat jurnalis Palestina, seperti dikutip AFP, Jumat, 6 April 2018.

Meski tak ada yang tewas dalam insiden itu, para pelaku dituntut untuk bertanggungjawab. Atas kejadian tersebut, pusat kebebasan media Gaza, menuntut komunitas internasional untuk turun tangan menangani kasus yang menimpa para jurnalis itu.

"Sementara itu, juru bicara tentara Israel tak memberikan komentar apapun terkait peristiwa penembakan tersebut," ujar Sindikat jurnalis Palestina.

Sedikitnya tujuh orang terbunuh dalam aksi unjuk rasa Jumat kemarin. Kementerian Kesehatan juga melaporkan sebanyak 408 warga palestina musti dilarikan ke rumah sakit dan pusat kesehatan untuk menerima penanganan medis. Aksi unjuk rasa tersebut juga mengakibatkan terbunuhnya seorang bocah berumur 16 tahun.


(JMS)